#FoodCombining Jus Buah Sarapan

BONSOIR!! Selamat malam 😀

 

Malam ni gue pngen nulis sesuatu yang semoga bisa bermanfaat buat khalayakramai (cieeh bahasa gue formal bener yaa *abaikan*).

Udah pada tau Food Combining lum?? sebenernya gue juga baru tau food combining beberapa bulan belakangan ini. Itu semua berkat Twitter..:)

Anyway..kalo disuruh jelasin pake bahasa ilmiah gue jelas gag bisa, maka dari itu gue bakal jelasin dengan bahasa yang simple dan semoga yang baca pun gag salah tangkep. Dalam bahasa sederhana FC (re: food combining) merupakan pola makan sehat alami yang mendukung seluruh organ tubuh kita dapat bekerja dengan baik, sehingga kesehatan kita terjaga. ibarat pake baju di mix n match gitu laah. Setelah follow akun twitter salah seorang penggiat FC yang tentunya bisa dipercaya, gue jadi pingin lebih dalam tau tentang FC. Dan ke siapa lagi gue bertanya selain mengunjungi mbah gugel. Gue searching info sebanyak2nya, mencoba memilah ini itu dan akhirnya gue sampai pada satu kesimpulan. Sekalipun ada beberapa pihak yang kontra dengan metode mengatur pola makan ini, namun tetap tak ada salahnya untuk mencoba metode yang satu ini. Jika toh masih ragu, kita tak perlu mempraktekkannya 100%. Ambil sisi positifnya aja lah!. Dan ini adalah salah satu FC yang menurut gue masih dalam batas aman buat siapa aja, kecuali bagi yang malnutrisi lhooo 🙂

Mari kita bahas tentang pentingnya konsumsi buah di pagi hari dan cara sederhana utk memudahkan konsumsinya, jus #foodcombining

Buah adlh substansi makanan yg paling cocok dengan kemampuan sistem cerna manusia di pagi hari, fase antara pk. 04.00-11.00 #foodcombining

Selain tinggi kadar nutrisi vitamin, mineral, serat. Buah segar jg tinggi dgn enzyme yg berguna bagi kelangsungan kerja tubuh #foodcombining

Mungkin makanan lain ada yg bisa beri sebagian manfaat sama (utama yg dibuat artifisial) tapi hanya buah, sempurna pagi hari #foodcombining

Krn di pagi hari, fase tubuh adlh utk ‘pembuangan’ sisa revitalisasi malam hari yg dilakukan tubuh. Diperlukan energi besar #foodcombining

Makanan yg mensuplai unsur penting umumnya bersifat lbh berat utk dicerna (artifisial terutama) yg bisa ganggu alokasi energi #foodcombining

Hanya buah yg cocok dan sempurna utk pencernaan pagi hari krn kelengkapan kandungannya serta sifatnya yg ringan mudah cerna #foodcombining

Buah bisa memberi semua kebutuhan tanpa membuat alokasi energi tubuh pagi hari terganggu saat laksanakan ‘tugas’ di fasenya #foodcombining

Menjus buah adalah salah satu teknik yg mudahkan kita mengkonsumsi di pagi hari. Praktis dan secara tehnis tetap berkualitas #foodcombining

Selama semua itu dilakukan dengan benar dan tepat. Buahnya dipilih yg manis krn masak di pohon, berserat dan berair, pertama #foodcombining

Kedua, cuci bersih! Bisa dgn air mengalir kencang selama 1-2 menit atau rendam dlm air diberi cuka apel atau sabun buah #foodcombining

Ketiga, pilihlah alat pembuat juice yg baik. Juicer atau blender, bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Kenali karakternya #foodcombining

Juicer praktis dan beri suplai konsentrat buah dgn cepat, namun lbh banyak volume yg terbuang, lebih sulit mengenyangkan #foodcombining

Blender sedikit kurang praktis, krn secara tehnis membutuhkan bantuan sedikit air atau es utk mudahkan penghancuran buah #foodcombining

Kadang hasil blender juga terlalu padat dan sulit minum tanpa disaring. Tapi tidak banyak yg ‘terbuang’ dr hasil buah blender #foodcombining

Perhatikan kecepatan blender saat membuat buah. Makin tinggi putaran menghasilkan panas yang bisa membunuh enzyme pada buah #foodcombining

Juga mempercepat efek oksidasi merusak kualitas jus buah yg dihasilkan. Makin lambat putaran blender, minimalkan itu semua #foodcombining

Tapi apapun cara yang dipilih, ingat utk segera mengkonsumsi jus buah saat telah dibuat! Untuk minimalkan perusakan oksigen #foodcombining

Juga jangan tambahkan subtansi tambahan bersifat merusak seperti gula dalam jus buah. Cukup fructose alami buah sbg pemanis #foodcombining

Alternatif pemanis, bisa 1-2 sendok teh madu alami. Bisa jg campuran segenggam manisan kurma atau kismis yg diblender halus #foodcombining

Tambahkan pada jus buah, minum segera. Perlahan agar tidak melonjakkan level gula darah, yang bisa beri efek sedikit pusing #foodcombining

Jus beri efek mengenyangkan. Namun sesuai karakter buah yg ringan dan mudah terurai, rasa lapar itu akan segera kembali #foodcombining

Saat lapar buatlah jus dan minum kembali. Lakukan demikian hingga tiba jam makan siang. Ragamkan jenis buah untuk dijus #foodcombining

Ekslusifkan buah utk masa sarapan. Sebaiknya tidak mengkonsumsi apapun disaat fase pembuangan itu (04.00-11.00) #foodcombining

Demikian kibulan sehat malam ini. semoga bermanfaat 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s