Mengapa gue ngeblog?

Jika diperhatikan, akhir-akhir ini gue jarang update. Padahal ni blog kedua gue dari blog gue yang pertama. Dan terhitung masih baru pula. Hal itu disebabkan selain karena gue sibuk, gue juga sudah mulai “malas” nge-blog, rasanya sudah hilang semangat aja. Sampai akhirnya gue iseng-iseng browsing dan menemukan satu artikel menarik yang mungkin teman-teman sesama blogger dapat mengambil manfaat darinya. Tulisan di artikel tersebut memang ada benarnya, gue sudah kehilangan tujuan gue nge-blog dengan kata lain gue tidak bisa menjawab pertanyaan “Why Do You Blog?“.

Mengapa saya ngeblog?

Membuat blog memang perkara yang mudah namun mengurusinya yang susah. Kunci utama agar dapat konsisten nge-blog adalah mengetahui alasan mengapa kita nge-blog. Berikut  gue share beberapa alasan atau tujuan yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman sesama blogger agar bisa konsisten dalam menekuni dunia blogging.
1. Tujuan Politik atau Agama
Blog biasanya dijadikan media menyebarkan pesan-pesan politik kepada masyarakat seperti visi dan misi organisasi, kampanye, media penyaluran aspirasi dan lain-lain. Bisa juga untuk agama, seperti artikel dakwah, konsultasi agama, atau untuk membahas keilmuwan mengenai agama.

2. Menjalin hubungan dengan orang lain
Blog ini dibuat murni untuk “berbagi” yaitu menjalin persahabatan, solidaritas, dan apresiasi dari pembacanya. Isinya bisa berupa berita penting, tutorial, opini, dan lain-lain.

3. Jurnal atau buku harian pribadi
Blog ini bertujuan untuk mem-publish jurnal atau karya ilmiah dari penelitian yang dikerjakan, curhat, berbagi ide, diary, atau dokumentasi “petualangan” yang dilakukan.

4. Blog untuk mendapatkan profit
Blog ini dibuat untuk mendapatkan profit, sebagaimana teman-teman sudah ketahui, sekarang banyak program-program afiliasi seperti Amazon dan Google Affiliate Network, program iklan seperti Google AdSense, TribalFusion dll. Atau untuk menjual konten-konten premium sepertitemplate blog, materi pembelajaran dan lain-lain.

5. Menunjukkan keahlian
Blog ini dibuat untuk tujuan portofolio yang sangat membantu ketika mencari pekerjaan. Misal teman-teman pandai dalam pemrograman maka kalian membuat blog yang memuat artikel dan tutorial membuat berbagai aplikasi dengan bahasa pemrograman tertentu. Atau mungkin teman-teman jago fotografi, maka kalian membuat blog untuk memasang hasil jepretan kamera.

6. Menguatkan SEO
Google dan search engine lain menyukai konten yang fresh alias situs yang sering di-update. Misal kalian mempunyai situs yang menjual sebuah produk yang jarang berubah baik dari segi harga atau spesifikasinya. Kalian pasti akan jarang melakukan update, apanya yang mau di-update gan? Mungkin itu pertanyaan yang muncul. Solusinya dari pertanyaan itu adalah membuat blog untuk memperkuat SEO mengenai produk kalian, blog bisa berisi testimoni pelanggan, kupon diskon dan lain-lain.

Lalu di mana posisi saya?
Secara pribadi, awalnya gue buat dengan tujuan nomor 3. Namun, seiring berjalannya waktu, kuliah sambil kerja untuk cari makan dan membayar biaya kuliah, dan mulai mengetahui “kerasnya” dunia kerja gue mulai beralih tujuan ke nomor lima yaitu “Menunjukkan keahlian”. gue mahasiswa gan, yang nantinya akan melamar kerja dan tentu saja, sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis, IPK tidak berpengaruh besar dalam dunia kerja, yang diutamakan adalah skill. Oleh karena itu, portofolio menjadi hal yang sangat penting ketika melamar kerja.
Itu tujuan gue ngeblog, apa tujuanmu?


Jika ada tambahan, kritik, dan saran harap tulis di komentar ya gan 🙂

Dikutip dan digubah seperlunya dari: socialmediatoday.com

Leave a Reply

