Untuk Engkau Yang Sedang Dalam Kesulitan

Selamat malam.

Tadi niatnya online bentar syh cuma buat ngecek blog, eh begitu iseng-iseng ngeklik link sana sini dapet temuan yang bermanfaat. Alhamdulillah mungkin ini cara Allah SWT mengingatkan mahlukNya.

Jadi ceritanya gue ngeklik salah satu blog. Gue tertarik lantaran dia cerita tentang masa-masa penantiannya nyari kerja setelah lulus. Pas gue baca sekilas ada salah satu kalimat yang dia bilang bahwa dia suka baca Surah Al-Insyirah. Saat itu gue rada lupa itu Surah yang awalnya kayak apa ya. Astagfirullah…ketahuan deh udah jarang banget baca Al-Quran. Akhirnya gue googling deh. Dan ternyata yang ini lho….

Kalo ini gue tau bacaannya Cuma lupa nama surahnya. Astagfirullah..maafkan hambaMu ini Ya Rabb.

Surat Al Insyirah
بِِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلمَ ْنَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ .وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ .اَلَّذِىْ أَنْقَضَ ظَهْرَكَ .وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ .فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِيُسْرًا. اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا . فَاِذَا فَرَغْتَ فَا نْصَبْ . وَاِلىَ رَبِّكَ فَارْ غَبْ.

Bismilah Hiroh Man Niroh Him
Alam Nasroh laka sodrok. Wawa zognaa nganka wizrokal lazi ankozo zohrok. Waro faknaa laka zikrok. Fainna ma’al ngusri yusran. Inna ma’al ngusri yusro. Faiza farokta fansob. Wa ila robbika fargob.

 Nah sekarang udah inget kan. Pembahasan gue belum selesai nih. Jadi surah ini mengandung beberapa keutamaan lho. Terutama buat yang lagi menghadapi masa-masa sulit gue rasa bagus banget kalo mau baca surah ini. Dan sepertinya gue juga pengen menjadikan itu sebagai salah satu kebiasaan baik. Amin..semoga bisa konsisten.

Dari temuan yang gue dapet dari berbagai sumber, ada beberapa keutamaan dari Surah Al-Insyirah.  Salah satu contohnya jika Surah Al Insyirah dibaca 33 kali pada air, lalu air tersebut diminumkan sebanyak 2 kali sehari, maka penyakit polip, sinusitis, dan batuk akibat asap rokok akan sembuh. Atau, jika kita membacanya 7 kali setiap kita selesai shalat fardhu maka kita akan dijauhkan dari kesusahan dan dipermudah dalam mendapatkan rejeki; atau pula jika dibaca 40 kali setelah shalat lima waktu selama tujuh hari berturut-turut maka kita akan dilimpahkan kekayaan oleh Allah.

Dibaca terus menerus bagi yang terkena penyakit wasir atau ambeiyen.
Dibaca terus menerus untuk memudahkan wanita melahirkan.
Dibaca terus menerus bagi orang yang terkena penyakit bisul.

Selain itu ada rahasia terdalam dari surat Al Insyirah yaitu :

Yang pertama,

surat ini menerangkan kepada tentang lapang dada. Yang dimaksud dengan lapang dada di sini bukan dalam arti fisik melainkan sebuah ungkapan bagi seseorang yang berjiwa besar. Atau lebih singkatnya dikatakan lapang dada untuk menerima kebenaran-kebenaran yang diberikan Allah seperti yang telah diterangkan di ayat pertama Surat Al Insyirah.

Yang kedua,

adalah tentang hilangnya beban. Artinya, setelah kita mampu berlapang dada terhadap segala hal yang terjadi pada diri kita, maka beban yang terasa akan hilang secara bersamaan. Karena keberadaan kesulitan, halangan, dan rintangan inilah yang merupakan beban hidup yang harus kita alami. Dengan demikan, mampu menghadapi kesulitan, halangan, dan rintangan sama halnya dengan mampu menghilangkan beban. Dengan kata lain, ketiadaan beban dalam hidup berarti hilangnya kesulitan, halangan, dan rintangan hingga tercapai apa yang menjadi tujuan (hal. 89).Setelah kita mampu berlapang dada yang kemudian dilanjutan dengan hilangnya beban pada diri kita, maka kita akan mendapatkan sebuah citra yang baik, baik di hadapan Allah ataupun sesama manusia.

Yang ketiga,

Dan pencitraan atau tingginya nama kita inilah yang menjadi Aurat Al Insyirah yang ketiga. Artinya, surat yang terdiri dari delapan ayat tersebut mengajarkan kita bahwa sesuatu yang dilalui dengan lapang dada atau ikhlas akan berakibat baik pada diri kita dan citra kita di mata Allah dan sesama.

Yang keempat,

Selanjutnya, Ayat Al Insyirah yang keempat, yaitu setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Ayat kelima dan keenam dalam syurat ini menerangkan bahwa setiap kesulitan ada kemudahan, artinya seberapa sulit hal yang kita hadapi pasti dibalik itu pasti ada kemudahan ataupun kegembiraan. Lebih singkatnya semua pasti ada hikmahnya.

Yang kelima,

Di ayat yang kelima ini, secara tidak langsung mengajarkan kinta tentang konsep kehidupan Yassiru wa La Tuassiru (mempermudah suatu kesulitn bukan mempersulit).Sedangkan Aurat yang kelima adalah Prinsip Istiqomah. Setelah empat Aurat di atas kita pun dituntut untuk Istiqomah dalam menjelankan keempatnya.

Prinsip istiqomah ini juga mengajarkan kita untuk tidak menunda-nunda suatu pekerjaan untuk menjadi lebih baik. Prinsip istiqomah ini tidak hanya diterapkan untuk Aurat Al Insyirah saja. Melainkan pada setiap langkah hidup kita, terutama dalam hal kebaikan.

Siapa-siapa membaca Surah Al-Insyiraah 7 (tujuh) kali pada tiap-tiap lepas sembahyang, niscaya terlepas daripadanya kesusahan dan mudah oleh Allah s.w.t. akan rezekinya.Siapa-siapa membaca Surah Al-Insyiraah 40 (empat puluh) kali pada tiap-tiap lepas sembahyang fardhu selama tujuh hari berturut-turut, niscaya mengurnia Allah SWT kepadanya kekayaan.

Itulah beberapa hal yang gue temukan. Subhanallah sebenarnya semua persoalan ada penyelesaiannya di Al-Quran. Hanya terkadang kita dan termasuk saya ini yang malas atau mungkin tidak tahu untuk mencari. Astagfirullah

Advertisements

One thought on “Untuk Engkau Yang Sedang Dalam Kesulitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s