Seize the day

Tulisa ini tak sengaja gue temukan di salah satu halaman dari buku yang gue pinjem. Isinya pas banget dengan keadaan gue yang sedang diburu berbagai macam deadline dan seabrek kegiatan yang susul menyusul. Mungkin ini bisa bermanfaat juga bagi orang-orang yang sedang berada dalam posisi yang sama seperti gue saat ini.

“Coba renungkan sebentar. hidupmu tak ubahnya seperti jam pasir. kau tahu, di bagian atas jam pasir itu terdapat ribuan butir pasir. Satu demi satu butir-butir pasir tersebut bergerak dengan pelan-pelan dan teratur melewati bagian leher yang sempit di tengah. Kau atau saya tidak bisa memaksa memasukkan pasir lebih dari satu butir melewati leher sempit tersebut tanpa merusak jam itu sendiri.

Kau, saya dan siapa pun juga sama halnya seperti jam pasir tersebut. Bila kita bangun di pagi hari, kita dihadapkan pada setumpuk tugas yang harus kita selesaikan pada hari itu. Tugas yang jumlahnya ratusan itu harus kita selesaikan pada hari itu. Tugas yang jumlahnya ratusan itu harus kita selesaikan dengan tenang satu demi satu, bergantian secara teratur dan pelan-pelan seperti halnya butir-butir pasir dalam jam pasir yang satu demi satu melewati bagian leher sempit.

Kita harus berbuat demikian. Kalau tidak, maka berarti kita merusak struktur tubuh atau mental kita”.

[Dale Carnegie, dalam bukunya yang berjudul “PETUNJUK HIDUP TENTRAM DAN BAHAGIA”]

Leave a Reply

