Ketika Liburan Bermakna Seribu

bromo 33Apa yang kamu pikirkan ketika seseorang sedang ke luar kota?

Pasti banyak yang komentar, “Asyik banget liburan…!”

Tapi buat beberapa orang, ternyata menganggap bahwa itu bukan liburan. Di sini yang dimaksud bukanlah seorang yang berprofesi seperti Trinity Traveller atau CK Kaunang ya

Contoh di atas sebenarnya komentar yang saya lontarkan ke teman baik saya, yang saat ini sedang berada di Ubud, Bali. Dia bilang, “I don’t use the word vacation sih”. Alasannya karena vacation terkesan hura-hura, hotel bintang 5, dan senang-senang.

Nah, ternyata pendapat seperti ini bukan hanya dilontarkan 1 orang saja.

Ada teman saya yang lain, yang pendapatnya kurang lebih sama.

Jalan-jalan itu bukan vacation yang melulu hura-hura tapi melakukan perjalanan untuk mengisi ulang energi yang terasa sudah habis.

Sedangkan saya? Saya pernah menjadikan profesi tour guide bahasa Prancis sembari jalan-jalan gratisan plus dapat gaji lagi..! hehe. Saya jadi teringat ada yang bilang, kalau pergi jalan-jalan ajaklah seorang sahabat baik yang seleranya sama dengan kita. Mmm…ada benarnya dan ada yang gak benarnya juga sich.

Yang benarnya, ya jalan jadi seru.

Tapi gak ada salahnya juga kalau jalan dengan orang-orang baru. Justru bisa dapat pengalaman lebih banyak dan syukur-syukur kalau cocok bisa jadi sahabatan.

Ya, intinya sich buat saya, sayang banget liburan (untuk alasan apa pun) kalau sesampainya di rumah tetap aja mukanya cemberut. Sayang waktunya, sayang kenangannya, dan pastinya sayang uangnya hahaha…am I right?

“A good traveler has no fixed plans and is not intent on arriving” – Lao Tzu

Saya suka banget kalimat di atas…ngeresep seperti seruput kopi yang diminum bersama orang terkasih. *lap iler*

Jadi, kalau kamu, liburan itu apa?

 

Leave a Reply

