Eco Tourism … Ayo jadi Traveler & Travel Writer yang Bertanggung Jawab!

Bonsoir !

Il est 23h50, je suis en train d’ouvrir mon twitter. Lagi asik-asik ngadepin TL tiba-tiba saya menemukan sebuah link artikel yang menggugah dari salah satu akun twitter tentang travelling yang saya follow.

Artikel ini merupakan tulisan dari salah seorang blogger tentang betapa pentingnya sebagai seorang travel writer kita tidak hanya bisa menulis dan menyajikan foto yang menarik bagi pembaca, namun juga harus bisa bertanggung jawab dengan tulisan dan destinasi wisata yang kita bahas. Ini dia link dari artikel yang saya maksud http://t.co/EtyY66Ty .

Saya pribadi setuju sekali dengan isi artikel tersebut. Berikut beberapa bagian menarik dalam tulisan itu.

“Perilaku egois, narsis dan kekanak-kanakan ini menyebar seperti virus. Menjangkiti banyak orang bahwa traveling adalah perilaku keren nan kece yang harus dilakukan. Bahwa menikmati hidup di luar memejalkan diri untuk melakukan perjalanan jauh dan eksotis adalah keren. Tidur di bandar udara berbekal sleeping bag, melakukan perjalanan ke luar negeri berbekal uang seadanya, menembus hutan lindung dan memotret pemandangan langka nan indah memang adalah kegiatan debar yang melenakan”. 
“Saya khawatir hanya sedikit travel writer yang punya kepedulian semacam ini. Mereka datang hanya untuk bersenang-senang, menulis, foto-foto lantas lupa atau bahkan tak tahu apa akibat dari tulisan mereka itu. Banyak travel writer yang berpikir sempit bahwa dengan mempromosikan satu destinasi akan menarik turis yang bisa memberikan pemasukan tambahan. Tapi sedikit dari mereka yang sadar akibat dari turisme masal adalah masuknya nilai-nilai asing yang bisa jadi merusak kebudayaan lokal”.

 “Perjalanan semestinya mendewasakan. Travel writer yang telah menempuh banyak destinasi, belajar banyak kebudayaan dan menikmati berbagai perjalanan harusnya mengalami ini. Sayangnya beberapa travel writerhanya menganggap melancong adalah sebuah pekerjaan. Sebuah bisnis yang tak menuntut adanya tanggung jawab atas apa yang ia lakukan. Pergi melancong, tulis artikel, terbitkan dan habis perkara. Mereka lupa bahwa destinasi yang mereka tuliskan adalah rumah bagi seseorang, sebuah tempat bernaung dan berlindung bagi yang lain”. 

Itu adalah beberapa bagian yang saya anggap menarik dari artikel tersebut.

ecotourism

Setelah membaca itu ada sesuatu yang menohok di dalam hati saya. Sedikit banyak saya jadi ikut tersindir juga karena secara tidak langsung saya memang berhubungan dengan dunia tourism. Saya suka travelling, saya suka menuliskan pengalaman travelling saya dalam blog dan kebetulan juga saya bekerja dalam bidang yang berhubungan dengan tourism.

Saya jadi termotivasi untuk menjadi seorang travel writer yang bertanggung jawab. Yaah..walaupun sebenarnya prinsip eco tourism sudah lama saya anut, tapi semenjak sekarang saya jadi lebih hati-hati soal yang satu ini. Karena bagaimana pun juga saya ingin ikut melestarikan setiap destinasi wisata yang saya kunjungi, khususnya alam, agar bisa dinikmati oleh anak cucu saya nantinya. 🙂

Ini nih prinsip dasar eco tourism yang wajib dipahami, diresapi dan dilaksanakan dengan hati.

ecotourism(1)

So.. ayo jadi traveler dan travel writer yang bertanggung jawab! 😀

2 thoughts on “Eco Tourism … Ayo jadi Traveler & Travel Writer yang Bertanggung Jawab!

  1. I discovered your “Eco Tourism &” page and noticed you could have a lot more traffic. I have found that the key to running a website is making sure the visitors you are getting are interested in your subject matter. There is a company that you can get traffic from and they let you try it for free. I managed to get over 300 targetted visitors to day to my website. Check it out here: http://bag.sh/16M

Leave a Reply

