Taman Balekambang, Bak Oasis Di Tengah Kota #RockOverIndonesia

Taman Balekambang merupakan taman kota seluas 9,8 Ha yang dibangun pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII. Taman ini dibangun untuk putrid-putri tercinta, yaitu GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta, yang figur keduanya bisa dilihat pada patung yang ada di dalam taman Balekambang. Maka dari itu area taman Balekambang ini pun dulu dibagi menjadi dua, yaitu Partini Tuin dan Partinah Bosch. Partini Tuin atau Taman yang terletak di Jl. Ahmad Yani, Surakarta ini bisa menjadi tujuan melepas penat sejenak dari teriknya matahari karena suasananya adem dan damai.

Menurut informasi yang saya dapat, Taman Air Partini terdapat kolam resapan yang luas dan juga berfungsi untuk penampungan air. Kolam ini juga bisa digunakan untuk wisata air dengan menggunakan perahu.

bale 12

Sedangkan Partinah Bosch atau Hutan Partinah merupakan area yang dipenuhi dengan berbagai tanaman dan pohon-pohon langka, seperti kenari, beringin putih dan lain sebagainya. Partinah Bosch berfungsi sebagai paru-paru kota. Dahulu taman Balekambang digunakan untuk tempat rekreasi keluarga dan kerabat istana mangkunegaran. Kemudian pada masa KGGPA Mangkunegara VIII, taman ini dibuka untuk umum. Dengan diselenggarakan pula berbagai hiburan rakyat seperti ketoprak lesung.

bale 4

Antara tahun 70an hingga akhir 80an, di kompleks taman Balekambang terdapat gedung yang digunakan sebagai tempat hiburan, yaitu panggung Srimulat. Bahkan aksi panggung Srimulat ini menjadi primadona hiburan kota Solo di masa itu.  Kini setelah revitalisasi pada tahun 2008, taman Balekambang kembali pada fungsi aslinya, menjadi taman kota. Taman Balekambang tidak hanya menjadi tujuan warga Solo, namun juga menjadi tempat tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun luar.

Saya dan teman-teman menikmati sekali suasana asri yang ada di Taman ini. Walaupun cuaca Solo hari itu panas, tapi sedikit tertolong dengan rimbunnya pepohonan. Ditambah lagi ada rusa liar yang bisa diajak bercengkrama bersama di rerumputan. cute!
bale 39

bale 40

Bermain dengan rusa...love it!

Bermain dengan rusa…love it!

Super cute!

Super cute!

Namun rasanya agak sedih melihat beberapa hewan harus terkurung dalam kandang. Yup! di Taman ini ada kebun binatang mini juga. Hewan yang ditampung meliputi ikan, ular, monyet, aneka reptil dan burung. Uhh…asian mereka, rasanya lebih pas kalau mereka berada di habitat aslinya deh. 😦

bale 25

bale 27

bale 28

bale 29

bale 30

bale 31

Tuh lucu-lucu kan hewan yang ada di Taman Balekambang, sayangnya mereka hidup tidak pada habitat aslinya.

Untuk mengakhiri perjalanan, saya berkeliling lewat jalur yang berbeda untuk menuju pintu keluar.

bale 52

bale 58

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s