Monolingual VS Bilingual

Are two languages better than one?

Is it ‘better’ to speak one language or two – or even several?

Mungkin itu pertanyaan yang sering muncul di benak kita. Terlebih di era globalisasi seperti sekarang yang semuanya serba cepat, kalau kita tidak mampu beradaptasi bisa-bisa tersingkir di arus persaingan global.

Seperti kebanyakan siswa di Indonesia, saya mulai mengenal bahasa asing di kelas 5 SD yaitu bahasa Inggris. Mungkin kalau anak zaman sekarang malah belajar bahasa Inggris sudah lebih awal dibandingkan saya. Itulah bahasa asing pertama yang saya pelajari dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Itu juga salah satu mata pelajaran favorit saya di sekolah, sehingga tak heran dulu saya selalu mendapat nilai bagus dalam mata pelajaran ini. Sampai akhirnya tiba memasuki jenjang kuliah, saya dihadapkan pada keputusan sulit untuk memilih jurusan apa yang akan saya ambil. Bahasa Inggris dan biologi adalah pilihan saya yang terlintas pertama kali. Tapi setelah saya pikir-pikir rasanya saya bosan belajar materi IPA terus walaupun saya dulu jurusan IPA. Rasanya saya ingin mencoba sesuatu yang baru di luar track saya yang sewajarnya. Sampai akhirnya saya memasukkan bahasa prancis sebagai pilihan kedua saya. Coba tebak pada akhirnya saya diterima di jurusan apa?BAHASA PRANCIS!. Perasaan saya waktu itu ‘ngambang’,malah cenderung biasa aja. Sedih gag, seneng juga gag. Saya akan mempelajari bahasa yang belum pernah saya pelajari sebelumnya, bahasa yang benar-benar baru, dan bahkan saya belum dapat gambaran seperti apa bahasa tersebut. Apakah saya mampu?Karena saya dengar dari banyak orang ini adalah bahasa yang sulit. ‘Oke mari kita coba dulu’, begitu pemikiran saya waktu itu.

Guess what! Saya menikmati sekaliiiiiii belajar bahasa Prancis! Susah? emang! Tapi lebih dari itu semua, rasanya puas bisa belajar bahasa yang gag semua orang bisa. Kalau bahasa Inggris pasti udah banyak banget yang jago. Tapi kalau bahasa Prancis? Yang jago ma yang enggak jelas kelihatan bedanya.

Sebenarnya apa syh keuntungan mempelajari bahasa Prancis?

Mengapa berbicara bahasa Prancis?

Mengapa berbicara bahasa Prancis?

See? Banyak kan keuntungan belajar bahasa Perancis yang terangkum dalam gambar di atas. Gag mudeng artinya? Oke deh saya terjemahin versi gampangnya aja ya. ehem *benerin poni*

1. Do you know guys? ada 300 juta orang berbicara bahasa Prancis di seluruh dunia! WOW!
2. Pada tahun 2050 nanti, di seluruh dunia diperkirakan bakalan ada 600 juta orang berbicara bahasa Prancis.
3. 33 negara menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resminya lho.
4. Bahasa Prancis adalah bahasa yang paling banyak diajarkan setelah bahasa inggris guys. Wanna try?
5. Bahasa Prancis adalah salah satu dari dua bahasa resmi yang dipakai di pertandingan olimpiade.
6. Dengan mempelajari bahasa Prancis, akan mempermudah kita dalam karir mengajar, karir diplomat, penelitian dan perjalanan.
7. Seni, masakan, fashion, cinta, adalah subjek-sunjek yang erat sekali dengan bahasa Prancis.
8. Bahasa Prancis adalah bahasa kedua yang paling sering digunakan di internet.
9. Bahasa Prancis adalah satu-satunya bahasa, di luar bahasa Inggris, yang dibicarakan di 5 benua.
10. 116 juta pelajar mempelajari bahasa Prancis di seluruh dunia!

Tuh kan banyak banget ternyata orang yang bisa berbicara bahasa Prancis. Tentunya gag ada ruginya belajar bahasa asing kedua selain bahasa Inggris lho. Masih kurang lagi alasannya? Nyh cek aja di bawah.

Alasan belajar bahasa Prancis

Alasan belajar bahasa Prancis

Untuk memperkuat pendapat saya mengapa kemampuan bilingual itu penting, saya pun mencari berbagai informasi yang mendukung pendapat saya itu. Salah satunya saya temukan sebuah data yang berhasil dihimpun oleh Technovate Translation yang ditinjau dari berbagai sisi. Berikut penjelasannya:

YOUTH
Who would win in a showing match: bilingual kids or monolingual kids? They’ll both yell your ear off: their global numbers are about equal.
In the US, 79% of children ages 5-17 only spoke English at home (2009). That means 21% of US children spoke a different or additional language. Bilingual children may have increased focus/attention compared to monolingual children – much to the delight of parents and teachers everywhere!

EDUCATION
Do educators wish bilingual students would speak up or pipe down? Depends on where they live!
 In Belgium, Dutch, monolingualism is strongly enforced in schools – conversing in other languages is actually formally reprimanded.
 In 68% of studied EU countries, over 3 in 4 university students were learning 2+ languages.
 By 2014, the UK will require instruction in French, Spanish, German, Mandarin, Latin, or Greek by age 7.
 In 2009-2010 only 50,7% of US universities required foreign language study for an undergrade degree. Down from 67,5% in 1994-1995. Only 8,6% of total college enrollments include modern language course enrollments.

VOCABULARY
Who has a bigger lexicon per language?
Single speakers have the early lead…but bilingualists may surprise you later.
Here’s an area where monolinguals (usually) have the advantage:
 Wider vocabulary – and faster accumulation of vocabulary in all languages.
 Increased word retrieved rate.
 Better letter fluency (ability to provide words based on a letter cue).
“Code switching” or mixing words from multiple languages in speech, may delay bilingual children’s rate of vocabulary acquisition. However, they can adapt to different strategies and learn multiple rules at once better than monolingual children – and easily catch up on vocabulary later.

MENTAL/HEALTH BENEFITS
it might make you feel pretty darn smart, but can knowing multiple languages really improve your health? Yes really!
 Aside the aforementioned vocabulary advantage, there are no known/acknowledge cognitive or health benefits to monolingualism.
 Bilingual immigrants are healthier both mentally and physically than those who only speak their native language.
 Bilinguals ar often found to be: MORE ACTIVE, BETTER COMPLEX PROBLEM-SOLVERS, and BETTER PLANNERS.
 Bilingualism may slow aging of the brain: one study showed dementia occurred about 4 years earlier in monolinguals than bilinguals.

LOCATION
Most countries just speak their native language, right? And they only have one of those, right? WRONG! Countries with just one language are way in the minority.
 Only a handful of countries have just 1 indigenous language (as of 2009): Vatican State, North Korea, Bermuda, Falkland Islands, Cayman Islands, Saint Helena, Maldives, and British Indian Ocean Territory.
 Only 1% of Americans can speak a language other than English, compared to 53% of Europeans; 95% of Luxembourgers can speak two or more languages, 99% of Latvians can!.
 Most linguistically diverse country: Papua New Guinea 830 indigenous languages (and no immigrant languages).

OCCUPATION
Is it better to conversewith international clients yourself, or use a translator? Actually, it might be best to just be a translator.
The vocabulary advantages of monolingualism could shine in the workplace, but…30% of US economy involves international trade. Bilingualism results in about a 2,8% increase in hourly wages.
2010-2020: translation/interpreter jobs are projected to increase 42% – significantly faster than the average occupation.

OVERALL
Bilingual lead the way in international business, creativity, problem-solving, and in some cases, even health. But monolinguals do have that larger vocabulary and faster retrieved, which can give them the advantage in a time crunch.

Wohooo banyak sekali ya ternyata bisa memiliki kemampuan bahasa lebih dari satu!

Nah sebenarnya nyh mau belajar bahasa apa saja boleh kok, gag harus bahasa Prancis. Masih banyak bahasa asing yang menarik untuk dipelajari, misalnya saja bahasa Jerman, Jepang, Mandarin, Spanyol atau Arab. Tinggal sesuaikan saja dengan minat dan kebutuhan.

Gimana makin tertarik untuk belajar bahasa asing gag? Atau bagi yang sudah dan sedang mempelajarinya jadi makin semangat gag buat belajar? Hehe..mumpung masih muda dan otak masih belum lemot-lemot amat rasanya gag ada ruginya ya buat belajar. Siapa tahu nantinya ini akan menjadi jalan rezeki kita atau bahkan membawa kita pada kesempatan-kesempatan baru yang gag kita duga!

Leave a Reply

