Trekking dari Punthuk Setumbu #RockOverIndonesia

Untung pagi ini saya iseng utik-utik draft yang berantakan, dan ternyata ada draft yang sudah lamaaaaa sekali ingin saya posting. Walaupun tanggalnya udah basi tahun kemarin, tapi semoga saja isinya masih bisa dinikmati yah. 🙂

Ini adalah review perjalanan saya di Punthuk Setumbu. Mungkin belum banyak yang tahu ya karena memang lebih populer di kalangan wisatawan mancanegara. Tempat ini tepatnya berada di Magelang, lebih tepatnya lagi di Desa Karangrejo, Jawa Tengah. Saya sendiri memulai perjalanan dari Yogyakarta pagi-pagi sekali agar bisa melihat sunrise dengan view Candi Borobudur dan sekitarnya. Do you know? Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan Borobudur Sunrise dari ketinggian 400 m dpl.

Berangkat dari hotel di Yogyakarta.

Berangkat dari hotel di Yogyakarta.

Sampai di sana kira-kira pukul setengah 5 pagi, dan pendakian pun dimulai….

Bagi yang tidak terbiasa mendaki gunung mungkin agak sedikit kaget dengan jalurnya yang terus menanjak. Tapi tenang saja level kesulitannya masih tergolong mudah kok. Jalan setapak yang terjal menembus kegelapan ditemani suara-suara binatang yang saya tak tahu itu apa. Kabut dan dingin menjadi teman setia.

Singkat cerita akhirnya saya sampai di puncak juga. Wah asik sekali ternyata dapat menyeduh teh/kopi yang diberikan oleh petugas. Dan…ada gardu pandang yang hampir seperti rumah pohon gitu deh. Awawawaw…jadi pengen manjat tapi udah keduluan dipake orang. 😦

Wisata Alam Punthuk Setumbu

Wisata Alam Punthuk Setumbu

Akhirnya saya mojok aja deh di pinggir bukit yang dibatasi pagar dari bambu sambil menunggu detik-detik kemunculan sunrise.

Beatiful corner

Beatiful corner

Sebenarnya agak sedih karena tidak bisa mengabadikan momen-momen ajaib ini dengan kamera lantaran masalah teknis. Alhasil pake hape aja deh daripada gag ada kenang-kenangan sama sekali. Janji deh next time kalo ke sini lagi kudu jauh lebih siap!.

stage 59

Berhubung nuansa magis dari Candi Borobudur yang berselimut kabut tidak bisa saya tangkap lantaran masalah teknis, akhirnya saya fokus memotret pemandangan lain. Huks 😦

stage 62

stage 65

stage 66

stage 67

stage 69

stage 71

stage 74

stage 76

stage 78

stage 79

stage 82

stage 86

Nah kalo pengen liat sebenernya foto yang saya incer itu pemandangannya seperti apa, liat saja video di bawah yang terdapat di iklan You C1000….cekidot!

 

Leave a Reply

