Read The Book or Watch The Film?

Hello world!

4 hari gag ngeblog rasanya udah kayak berapa minggu aja deh. Legaa bisa nulis lagi dan menjamah dunia maya saya. Malam ini sebenarnya pengen ngrevisi skripsi. Tapi gag tau karena efek ketiduran dari abis magrib dan kebangun sekitar jam 8 bikin otak saya belum mampu untuk mikir hal-hal serius macam skripsi. Alhasil jari ini malah ngajak ngetik di wordpress. Semarang juga hawanya mau ujan gitu udah gluduk-gluduk jadi hawanya nempel kasur aja. UUuuhh

Jadi mau bahas apa sekarang?

Eh bentar … ada tukang mi ayam lewat depan rumah! *be back later

***

Saya kembali! maafkeun ya tadi mlipir bentar isi perut. hehe … Oke mari kita lanjutkan kembali …

Jadi saya mau bahas kebingungan saya akhir-akhir ini. Beberapa bulan ini lebih tepatnya.

Saat ini, ketika banyak novel/buku bagus diangkat menjadi sebuah film, it can be tricky to decide ejoy first, the book or the film based on it. Bagaimanapun juga, membaca adalah pengalaman intim yang memadukan pikiran, hati, dan imajinasi kita. Setidaknya itu menurut saya.

Film-film fenomenal seperti 5cm, Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara, The Hunger Games, Partikel dsb adalah beberapa contoh film yang diangkat dari buku. Selama ini saya lebih dulu nonton filmnya ketimbang baca bukunya. Padahal saya suka sekali baca buku lho!

Tapi gag tau kenapa ya ketika sebuah buku bagus kemudian diangkat ke dalam layar lebar, saya malah jadi males baca bukunya walaupun belum saya baca. Menonton filmnya dengan durasi kurang lebih 2 jam saya pikir adalah cara instan untuk menyerap cerita yang ada di dalam buku. Sementara membaca bukunya bisa jadi butuh durasi lebih banyak. Padahal bukan tidak mungkin kalo versi cetaknya justru lebih bagus daripada versi filmnya.

Is it more enjoyable to read a book or watch a movie?

I will always compare the movies to the books. I also agree that the movie is sometimes better than the book, but most of the time the book is better. Books help stretch the imagination in ways that movies don’t… especially when the directors try to imagine for you. Seeing the movie can put walls on the imagination…

The best combination, in my opinion, is reading and then watching. This scheme gives more perspectives for further interpreting and understanding. What about you?

Leave a Reply

