12 Tips Staying Inspired

Selamat hari blogger nasional!

Eiits, emang sekarang hari blogger ya? Saya juga baru tahu kalo gag karena baca twitnya mbak @TrinityTraveler. Duh parah ih saya gag menjiwai dunia perbloggeran luar dalam. Ampuuun!

Nah terinspirasi dari twitnya mbak @TrinityTraveler kalo di hari yang spesial ini berarti harus ada postingan baru, maka saya langsung putar otak mau nulis apa hari ini. Uuuuh! Bingung kali ambo ini, secara hari Minggu yang serba malas dan santai ini gag banyak aktifitas menarik yang saya lakukan, gag ada cerita seru yang bisa saya ceritakan, dan tadi juga bolos Car Free Day (CFD) jadi gag ada yag asik-asik yang bisa saya bagikan. Errrrr….

Setelah semedi sehari semalam akhirnya datang juga pencerahan. Mending saya bagi-bagi tips aja ya biar staying inspired terus. Sekali-kali bolehlah sok-sokan jadi expert gitu.hihihi …

Okai mari yuk mari disimak ya, check this out!

staying isnpired

STAY HEALTHY

1. Drink a glass of water

Awali hari dengan segelas air putih setelah bangun tidur to start the day fresh. Semua pasti sudah tahu donk kalo tubuh kita butuh asupan air mineral yang cukup. Kalo badan fresh, pikiran juga ikut fresh kan!

2. Move and sweat

Menurut hasil penelitian yang pernah saya baca tapi lupa di mana, olah raga secara rutin akan membantu meningkatkan tingkat energi kita, memperbaiki mood, dan mengurangi stres. Jadi gag ada ruginya sama sekali nyh untuk rutin bergerak dan berkeringat.

3. Get some sleep

Kalo kita punya waktu tidur yang cukup efeknya kita jadi punya energi lebih untuk melakukan hal-hal yang kita suka. Pasti pernah donk punya pengalaman kurang tidur trus bangun-bangun dengan badan gag seger dan mood berantakan. Wah yang gini ini bikin cewek-cewek gag kelihatan kece. hehe … makanya yuh atur waktu dengan baik biar kebutuhan tidur harian tercukupi. Kebutuhan tidur masing-masing orang kan kadang berbeda-beda jadi ya diri sendirilah yang paling paham. Kalo saya pribadi minimal 7 jam sehari. Kalo kamu?

PLAN YOUR DAY

4. Top 3 tasks

Kadang kita sering kali menemui hari di mana banyak sekali hal yang harus kita kerjakan sampai-sampai kita tidak tahu mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Biasanya kalo sudah begini saya akan menentukan 3 Β prioritas utama dalam satu hari yang akan saya selesaikan lebih dahulu. Dengan cara ini membuat saya lebih bisa fokus dan membantu pencapaian target yang ingin saya capai. Waktu dan tenaga pun bisa lebih efektif dan efisien.

5. The 50/10 rule

Setiap mengerjakan satu hal penting selama 50 menit, saya setidaknya akan gunakan 10 menit berikutnya untuk istirahat dan refocus.

6. Reflect daily

End your day with 10 minutes of reflection and self-evaluation.

KEEP LEARNING

7. Reading

Reading increases knowledge, which in turn keeps you inspired. Suka banget momen di mana pas saya abis baca buku trus ide-ide baru datang begitu saja. Nah yang begini ini harus cepat saya tulis biar gag cepet lupa kalo kelamaan dianggurin. Plus, saya juga merasa seperti punya dunia sendiri saat saya hanya berdua dengan buku saya. Keintiman seperti inilah yang selalu bisa membuat saya terbuai dan betah berlama-lama baca buku.

8. Browsing

Mentok gag ada inspirasi? Browsing aja! Sering banget loh saya ‘kecelakaan’ nemu blog yang bagus atau situs menarik karena iseng-iseng browsing. Awalnya syh saya biasanya iseng masukin kata kunci di search engine punya Google atau cuci mata dulu di Pinterest. Dari sini biasanya saya nemu yang asik-asik buat dilihat atau dibaca. Kalo otak dan mood lagi on, dari apa yang saya baca dan saya lihat bisa saya jadikan ide untuk nulis di blog. Kalo lagi rajin saya juga iseng belajar tutorial apa gitu untuk nambah skill aja syh. Β FYI nyh ya, watching tutorials and conducting research increases your capabilities.

9. Brainstorm

Brainstorming can be a creative gold mine.

FOCUS ON WHAT MAKES YOU HAPPY

10. Express gratitude

Gratitude promotes happiness! Ini bener bangeeet. Semakin saya banyak bersyukur, semakin banyak nikmat yang Tuhan berikan ke kita. Makanya harus pandai-pandai bersyukur ya. Di blog ini saya juga membuat kategori khusus untuk mengekspresikan rasa syukur saya, niatnya syh biar gag lupa mensyukuri hal-hal kecil jika kita ingin mendapatkan hal yang lebih besar.

11. Clean your desk

Dulu saya paling males buat bersih-bersih dan merapikan barang-barang saya. Namun sekarang saya merasa jauh lebih nyaman kalo semuanya rapi, bersih, dan terorganisir dengan baik.

12. Indulge in your favorite things

Set time aside to relax and enjoy your favorite things like playing with your pet or going for a bike.

Nah itu tadi tips-tips ringan yang bisa saya berikan. Cukup mudah untuk dicoba kan? Atau mungkin kamu juga punya tips-tips seru yang mau dibagi?

NB: Inilah tulisan saya hari ini untuk memepringati hari blogger nasional. Sejauh ini saya masih jadi blogger independen yang tidak tergabung dalam suatu perkumpulan/komunitas. Saya masih belum mempunyai kepercayaan diri untuk sampai di level itu. Tulisan saya pun serba random sekali dan seringkali saya nikmati sendiri. Saya pun tak tahu apakah tulisan saya ini disukai orang atau bisa bermanfaat untuk orang lain. Namun begitu saya akan terus belajar dan terus menulis. Kalo tulisan-tulisan saya belum memberi efek yang besar untuk orang lain, setidaknya mampu memberi efek yang positif bagi saya pribadi. Sekali lagi, SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL! πŸ˜€

2 thoughts on “12 Tips Staying Inspired

Leave a Reply

