Astra Freestyle Slalom Skating Competition

WARNING: This post is going to be filled with photos.

Now, for those who’ve decided to continue reading, come along, let’s start!

I cant really decide which pictures to share so i decided to just put everything up!! -_____-

Hello!

If you’ve already read my previous post, pasti udah tahu donk ya kalo kemarin tanggal 8 Desember saya mengikuti kompetisi inline. Lebih tepatnya syh jadi panitia + peserta juga. Acara yang bertajuk Astra Freestyle Slalom Skating Cometition ini sebenarnya untuk regional Jateng dan DIY namun bersifat open. Artinya di luar daerah Jateng dan DIY juga bisa berpastisipasi, ya cuma tingkatnya tetep regional, jadi poinnya juga gag sebanyak kalo nasional atau internasional.

Bisa dibilang peminat event kali ini cukup luar biasa. Target semula cukup peserta dari Jateng dan DIY saja, tapi ternyata ada pula peserta dari Jombang, Madiun, dan Bali!. Ckckckck …. salut deh buat semua kawan-kawan skater yang selalu semangat buat ikut kompetisi. *cheeeeeeerrs

Uuuupss … ! Mumpung belum kelupaan, acara ini disponsori PENUH sama Astra Motor Center Gajah Mada. Yeyeye … thank you Astra sudah memberikan kepercayaan kepada kami. Semoga hubungan baik ini bisa terus berlanjut ya. Aamiin. ^^

FYI, untuk kompetisi freestyle slalom biasanya ada 4 kategori yaitu Speed slalom, Skate Cross, Freestyle slide, dan Classic slalom. Biasanya nyh kalo full semua kategori dilombakan paling gag butuh 2 hari. Nah berhubung acara ini cuma satu hari maka cuma 2 kategori saja yang dilombakan yaitu Skate Cross dan Classic slalom. Secara ya 2 kategori ini yang paling seru, apalagi classic slalom punya prestige tersendiri.

Keluarga besar Inline Skate Semarang yang ikut dalam kompetisi kali ini.

Ceritanya foto di atas ala-ala red carpet gitu. Jadi tiap club participant foto bareng di depan backdrop yang sudah disediakan panitia. Rencana awal ada sesi tanda tangan dan testimoni gitu, eh …. berhubung lagi ribet malah lupa konsepnya gag dijalanin deh. Alhasil cukup foto-foto aja nyh. Not bad laaah …

Setelah dibuka dengan sambutan dan perfom sederhana berupa dance, kompetisi pun dimulai!

Kategori pertama yang dilombakan adalah Skate Cross. Seperti biasa, dimulai dari beginner, junior kemudian senior. Namun berhubung dalam skate cross kali ini ada halangan berupa launcher yang lumayan tinggi jadinya dirolling dulu urutan pertandingannya dari yang senior dulu. Secara ya untuk kategori beginner dan junior women gag pake launcher jadi biar gag ribet bolak-balik mindahnya aja syh, selain itu jumlah peserta senior juga lebih banyak.

Sabrina Azzahra a.k.a Ara, skate cross junior women

Nugroho Wicaksono a.k.a Nugi, skate cross junior men

Skate cross ini butuh kelincahan fisik dan kecepatan lari. Karena yang dinilai adalah waktu tercepat dan kelancaran melewati rintangan yang ada. Kalo rintangannya ada yang kesenggol atau jatuh ada penalti tersendiri bagi peserta. Dalam skate cross kali ini panitia membuat konsep rintangan yang sedikit berbeda dari sebulumnya. Start awal harus melewati launcher, turun launcher langsung belok menuju rintangan zig-zag, setelah itu ada tikungan tajam menanti dengan track berupa paving block, selanjutnya ada rintangan ban, kemudian harus melewati launcher lagi untuk sampai finish. Seruuuu!

Skate cross senior women

Ini bukan pertama kalinya kami membuat event, tapi memang ini pertama kalinya kami membuat launcher, apalagi dengan ukuran yang relatif besar bangeeeet. Perjuangan banget lah ini bikinnya, anggaran dana juga jadi bengkak gara-gara bikin nyh launcher. Relatif kuat walaupun selama perlombaan ada beberapa kerusakan. Next event mungkin harus bikin dengan desain, perhitungan, dan bahan yang lebih baik lagi ya. Barangkali ada yang mau mensponsori?hehehe

Skate cross senior men

Rame banget ini suporternya! seru!

Rame banget ini suporternya! seru!

Seru banget bangeeeeeet deh pas kategori ini!

Si Iting yang dari dulu gag suka skate cross jadi mendadak suka juga. ahahaha ..

Kategori skate cross ternyata selesai lebih cepat dari perkiraan. Waktu makan siang yang diagendakan pukul 14.00 Wib jadi maju pukul 12.00 Wib. Otomatis konsumsi belum dateng aja donk. Bbbeuuuh … langsung deh nelponin ke resto yang saya pesan buat dimajuin jadwal pengiriman makanannya. Untung ya mereka udah ready jadi gag terlalu lama deh peserta, panitia, dan judge pada nungguin. fyuuuuuh

Perut kenyang, udah istirahat bentar, yuuuk lanjut kategori berikutnya…

Classic slalom!

Ini nyh kategori paling bergengsi di cabang freestyle slalom. Jadi di sini peserta bermain trick di cone 50 cm, 80 cm, dan 120 cm dengan diiringi musik selama 90-100 detik. Kriteria penilaiannya pada dasarnya dari sisi artistik dan skill juga. Selain itu ada beberapa penilaian dan poin yang sifatnya teknis banget, terlalu panjang kalo dijabarin di sini. hehe … intinya gitu aja ya. Feel free to ask me buat yang masih bingung. 😀

Coba deh liat video di bawah ini biar agak paham seperti apa classic slalom itu.

Btw seru banget deh pas kategori ini malah kayak jadi parade dance gitu karena setiap peserta menampilkan koreo masing-masing. Ada yang kalem, cool, konyol, pokoknya ada semuaaaaaa deh. Salut deh pada kreatif banget rupanya. Trus saya bagaimana? ya ngedance juga donk walaupun dikit dan gag tahu deh jatohnya keren apa norak. hehe

Rere

Athaya

Eh … kenalan dulu yuk sama judges yang kece-kece ini! Hai hai hai ….

The Judges

The Judges

Serius bener ya muka-muka si judges. Ya iyalah kan gag gampang untuk menilai setiap peserta. FYI lagi nyh, juri-jurinya harus dari WSSA (World Slalom Skaters Association) dan itu levelnya internasional lhoh. Jadi walaupun judgenya ini dari Indonesia mereka ini bersertifikasi judgenya WSSA. Trus untuk atlit-atlitnya juga terangkul dalam satu wadah, kalo di Indonesia namanya INAFSA (Indonesia Freestyle Slalom Association)/ PFSI (Persatuan Freestyle Slalom Indonesia), dan ada peringkatnya juga. Jadi tiap atlit punya peringkat nasional dan internasionalnya. Begitu saudara-saudara, jadi jangan bilang kalo ini cuma sekedar fun aja, tapi ada prestasinya juga. Coba deh browsing-browsing di Youtube yang pemain-pemain kelas dunia dari cabor ini mainnya mah udah keren pisan euuy.

Duh saya jadi panjang lebar nyh ceritanya, moga aja gag pada bosen yaa. Ok mari dilanjut lagi >>>>

Gayuh

Ara

Reihan

Sayang seribu sayang, pas lagi asik-asiknya nyh lihat para peserta beraksi eh mendung nongol gitu aja. Duh! Resiko outdoor ya gini nyh. Akhirnya pertandingan distop untuk sementara deh sampai hujan reda. Untungnya ya gag berlangsung lama.

Terancam hujan dengan mendung yang sudah gelap seperti ini.

Terancam hujan dengan mendung yang sudah gelap seperti ini.

Hujan udah reda gilliran panitia deh gotong royong ngeringin arena biar cepet kering. Makin cepat kering, makin cepat lomba dimulai, makin cepat lomba dimulai, makin cepat selesai, makin cepat selesai, makin cepat bisa beres-beres, kalo udah beres bisa istirahat deh. Bon courage!

Si Opank dan Iting mengepel arena lomba setelah turun hujan. Semangat!

Si Opank dan Iting mengepel arena lomba setelah turun hujan. Semangat!

Kelas beginner udah, junior women udah, sekarang giliran junior men …

Gentha

Nugi

Lanjut senior women yuuuk … ehem!

Saya :)

Jangan bosen ya liat saya nongol lebih banyak dari yang lain. Ya iyalah ini kan blog saya, yang dipromosiin ya yang punya blog donk. *ketawa monster

Saya lagi :) :)

Lagi-lagi saya :)

Uuups ... ini yang terakhir deh. :)

Lanjut senior men yuuuuk … check this out!

Zany

Opank

Pas tiba giliran si Iting yang main jadi ikut deg-degan deh … good luck my boy!

(In the end, Iting menang juara 1 lho! So proud of youuuuu! Mmmmuaaaah)

My boy, Iting. :D

Iting :)

Dan peserta terakhir yang kebetulan adalah ketua klub kami Inline Skate Semarang, si Bagas. Penampilannya kali ini agak ancur syh. Maklum dia lagi PKL di Yogyakarta, jarang latihan juga. Cup cup cup …. next event makanya latihan ya!:D

Bagas

What about the result? Alhamdulillah saya bisa naik podium lagi. Kali ini as 2nd winner senior women classic slalom dan 3rd winner senior women skate cross. 

Dan seperti yang saya bilang sebelumnya, si Iting juga menang, as 1st winner senior men classic slalom. yipiiiiii!

My achievements

My achievements

Tentunya klub kami Inline Skate Semarang meraih beberapa juara lain juga. Walaupun atlit yang ikut turun dalam kompetisi ini tidak sebanyak biasanya karena ada beberapa yang fokus ke urusan sekolah dulu tapi syukurlah kami masih bisa meraih podium. 😀

Kepuasan lainnya adalah suksesnya acara ini. Alhamdulillah sejauh ini testimoni yang didapat dari semua pihak sangat memuaskan. Semakin memacu saya dan teman-teman lainnya untuk membuat event yang lebih lebih bagus lagi. Aamiin..

Thu kan nyh postingan jadi panjaaaang dan banyak banget fotonya. =____=

Sebelum pamit nyh saya kasih bocoran dikit trailernya event kemarin.

Oh btw I’m so excited because i have mooooooorreee followers and pageviews than before. Thank you so much! ^^

Your comment are support me a lot to prepare and make my blog better. I’ll reply all of the comments! Stay cool and thank you for following my blog.

See you on next post friends. *Smooch*

NB: Photos by Inline Skate Semarang // @InlineSkateSMG // inlineskate.semarang@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s