Tagline Blog, Pentingkah?

Tagline.

Bagi para blogger yang aktif di dunia maya mungkin sudah tak asing lagi dengan kata itu. Namun bagi orang yang masih awam mungkin masih bingung membedakan antara tagline dengan slogan. Kalo menurut pemahaman gampangnya saya, tagline itu sifatnya memberikan gambaran isi ‘produk’ kita, sementara slogan sifatnya mengajak dan biasanya punya tujuan tertentu.

Saya sendiri dulu awalnya bingung pas pertama kali buat blog ingin membuat tagline yang seperti apa. Sejauh ini saya sudah 3 kali ganti tagline. Mulai dari ….

1. Random thought on everything and nothing.

2. Inspire someone today.

3. Live in my own world. And you know what? It’s pretty magical!

Menurutmu bagus yang mana? 😀

Saya sendiri gag berani jamin bakalan awet sama tagline yang sekarang. Mungkin kalo ke depannya ada yang lebih cocok ya saya ganti lagi. hehe ..

Lalu bagaimana membuat tagline yang ok? Dari beberapa referensi yang saya baca ada beberapa hal penting yang saya amati.

1. Panjang tagline maksimal 15 kata. Ada yang menyebut makin singkat makin bagus. Tapi menurut saya gag masalah kok bikin tagline panjang asal itu memang menarik dan pas.

2. Sebisa mungkin tagline yang kita buat memang menggambarkan isi blog kita. Sehingga pembaca bisa langsung tahu kira-kira isi blog kita tentang apa. Misalnya salah satu travel blog yang saya follow memiliki tagline ‘we travel better, cheaper, and longer’.

3. You can make them longer, funnier or whatever! Jadi gag harus serius terus ya. Mungkin bagi blogger-blogger yang punya jiwa humoris bisa deh thu bikin tagline yang rada-rada lucu tapi memang sesuai dengan blognya.

4. Sesuaikan dengan kepribadian dan target pembaca. Nah ini dia, hal kecil yang jangan sampai dilewatkan. Bagaimanapun juga blog adalah sebuah brand image. Jangan sampai kita memberikan image yang salah pada pembaca kita. Pasti pengen donk ya punya reader yang banyak. Ya gag?

Hmm… ada lagi gag ya? Sejauh ini syh ya keempat poin itu yang saya ingat dalam membuat tagline. Mungkin kamu juga punya tips lain? Feel free to comment ya!  😀

So, apa tagline blogmu? ^^

One thought on “Tagline Blog, Pentingkah?

  1. Pingback: How To Make Your Blog More Interesting | L'Amour du Ciel

Leave a Reply

