How To Make Your Blog More Interesting

Wohooo!!

Lagi semangat nulis banget akhir-akhir ini. Gimana ini saya malah lebih semangat nulis blog daripada ngrevisis skripsi. ErrrRRrrrr

Baiklah langsung saja ya, saya mau berbagi sedikit tips seputar dunia blogging yang semoga bisa bermanfaat. Here’s what worked for me, your mileage may vary. πŸ˜€

Pic from here

Pic from here

A few random tips based on my own experience:

1. Read a lot of blog

Sebagai seorang blogger yang masih minim pengetahuan dan pengalaman, cara paling ampuh untuk belajar adalah lewat membaca blog-blog dari blogger lain. Dari situ saya mendapat referensi mulai dari tips-tips seputar dunia blogging, saya juga belajar bahwa tiap blog itu memiliki karakter masing-masing, saya jadi tahu kira-kira akan saya bangun seperti apa nantinya blog yang saya tulis. Selain itu bagi saya kegiatan ini adalah kegiatan yang fun!

2. Write about what you know and what you care about

Trus saya nulis apa donk di blog saya? Terserah, apa saja. Asalkan memang kita kuasai, atau itu adalah pengalaman pribadi dan hal-hal yang memang menjadi minat dan perhatian kita. Gag mungkin juga kan nulis sesuatu yang gag kita suka. Pokoknya nulisnya kudu dari hati ya ! hehe

Namun itu semua kembali lagi ke tujuan awal kita ngeblog. Menyalurkan hobi menulis saja atau memang serius biar dapet duit juga. Pastinya akan mempengaruhi apa yang akan kita tulis nanti. Jika tujuannya memang pengen serius untuk cari duit, maka akan lebih baik jika isi blog yang ditulis memiliki tema-tema khusus, misal otomotif, tips-tips seputar dunia blogging, fashion, fotografi, kesehatan dan psikologi, pendidikan, kecantikan, ataupun lifestyle dll. Blog yang memiliki tema yang jelas akan memancing pembaca lebih banyak sehingga traffic blog juga akan meningkat.3. Keep post short

Pernah gag baca blog yang tulisannya dalam satu paragraf itu panjaaaang banget?

Nah tulisan seperti itu tuh yang bikin saya males baca. Tentunya kita gag pengen kan pembaca yang mengunjungi blog kita jadi mengurungkan niat untuk membaca tulisan kita lantaran ditulis panjang lebar, apalagi kalo ukuran hurufnya kecil-kecil. Aduuuh yang beginian pasti langsung saya close aja deh. *peace

Write in short paragraphs, please.

Tulislah kalimat dalam paragraf yang pendek-pendek. Hal ini akan mempermudah pembaca kita. Selain itu dengan cara ini juga akan memungkinkan pembaca untuk membaca sampai tuntas karena pembaca disuguhkan dengan informasi yang tidak langsung seabrek.

Tulisan yang kita tulis ada baiknya jangan terlalu panjang, usually less than 1000 words. Kalo memang yang akan disampaikan butuh penjelasan panjang lebar lebih baik dibuat per part; misal part 1, part 2, dst.

4. Have a good tittle

Judul tulisan yang bagus akan membuat pembaca tertarik untuk membaca tulisan yang kita tulis. As simple as that.

5. Don’t forget about blog tagline

Tagline blog atau lebih gampangnya saya sebut saja semacam jargon dari blog kita. Buat saya pribadi, tagline blog itu penting. Dari sini calon pembaca akan tahu secara tersirat tentang apa syh blog kita itu. Bagi yang blognya tentang jalan-jalan pasti taglinenya ada hubungannya dengan jalan-jalan, begitupun yang blognya seputar kuliner.

Oh btw saya pernah menulis tentang bagaimana menulis tagline di sini.

Kalo tagline blog saya β€˜Live in my own world. And you know what? It’s pretty magical!’. Belum terlalu spesifik mengacu tentang apa syh, berhubung blog saya isinya masih campur-campur, masih berusaha menemukan jati diri. Haha

6. Use keywords for better search

Entah itu blog kita ditargetkan punya traffic yang tinggi atau tidak, sudah pasti happy donk ya kalo blog kita banyak yang berkunjung. Di sinilah peran penting keywords beraksi. Si keywords inilah yang akan membawa calon pembaca kita dari mesin pencari.

7. Add images, videos etc to make your posts more visually appealing

Ilustrasi gambar, video dll akan membuat tulisan yang kita tulis menjadi lebih menarik. Tapi ingat ya usahakan memang sesuai dengan tulisan yang kita tulis plus jangan lupa sertakan sumbernya kalau itu mengambil dari sumber lain.

8. Try to blog regularly

Ngeblog secara teratur memang tak mudah, tapi dengan ngeblog secara teratur akan membuat pembaca kita setia untuk terus follow blog kita.

Saya follow banyak blog juga kok. Mulai dari yang bertema x, tema y, tema z, sampai yang random pun saya follow kalau memang menarik. Dari sekian banyak blog yang saya follow tak jarang ada yang sudah lama gag update sehingga bikin saya males mau follow lagi. Buat apa saya follow kalau mereka jarang nulis. Hehe … mending cari blog lain saja kan juga banyak yang lebih menarik dan produktif.

Coba bayangkan jika itu pula yang ada di pikiran calon pembaca Anda.

9. Blogwalking and comment on other’s people’s blog

Dulu sekali pada awal saya ngeblog, blog saya tuh sepiiiiiiii banget. Gag ada yang komen, gag ada yang sekedar meninggalkan jejak di page About Me juga, pokoknya suram deh. Iri banget kalo ada blog yang bisa rame oleh komentator sana sini. Hiks

Tapi setelah saya sering blogwalking ke blog-blog tetangga dan sering meninggalkan komentar juga, eh sedikit demi sedikit banyak juga tuh yang sudi mampir ke blog saya. Yay!

Seneng aja gitu kalo lihat banyak komentar mampir di blog saya. Walaupun yah kalo dibandingkan dengan blog lain syh jelas saya masih kalah, tapi saya percaya kok pasti akan meningkat terus seiring berjalannya waktu.

Inilah yang membuat saya terus semangat untuk menulis!

Inilah yang membuat sebuah blog terasa hidup!

10. Promote your posts!

Hari gini pasti udah gag asing lagi dengan aneka socmed kan?! Manfaatkan!

Share juga postingan kamu ke Facebook, Twitter, +Google, Path, Pinterest, dlll agar lebih banyak juga kemungkinannya untuk dibaca oleh calon pembaca kita dari berbagai macam socmed tersebut.

11. Keep it simple

Buat blogmu sesimpel mungkin deh. Gunakan widget seperlunya, gag perlu dipasang semuanya juga. Semakin banyak gangguan di sidebar/header akan memecah perhatian pembaca kita. Buat agar pembaca memang fokus pada tulisan kita.

Penting juga untuk memperhatikan aspek keserasian antara warna background dengan font. Tak jarang saya jumpai blog yang background dan fontnya bertabrakan sehingga menyulitkan untuk membaca.

Intinya adalah buat pembaca itu mudah untuk mencari apa yang dia inginkan dan nyaman selama membaca blog kita.

12. Create a catchy β€˜About Me’ page

Emang penting ya?

Penting banget! Biasanya dari page inilah yang paling banyak diklik.

Kalo saya bilang syh justru page About Me inilah yang biasanya diklik terlebih dahulu oleh pembaca kita. Maka dari itu buatlah page About Me semenarik mungkin dan sungguh-sungguh menggambarkan diri kita.

 

Nah itu tadi beberapa tips ngeblog BASED ON MY EXPERIENCE yang bisa saya bagi. Ingat, saya bukan blogging expert, bukan ahli dalam hal tulis menulis juga. Jadi pure apa yang saya berikan itu berdasarkan PENGALAMAN. Tentunya setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda donk ya.

Bagaimana pengalamanmu? Lemme know ^^

4 thoughts on “How To Make Your Blog More Interesting

Leave a Reply

