Resep Gongso Ayam dan Buncis

Hai hai hai … kembali lagi bereksperimen di dapur sebagai chef amatiran. Hihi

Kali ini resep yang akan saya bagikan sebenarnya sudah sering saya masak, namun berhubung kemarin-kemarin masih malas alhasil baru sempet sekarang deh niat ditulis di blog. Gongso, cukup familiar dan sedikit pasaran mungkin di kalangan orang Jawa. Variasinya pun beragam bisa disesuikan dengan selera masing-masing.

Biasanya saya membuat gongso dari ayam, udang, bakso, kerang, ataupun tahu. Pelengkapnya yaitu sayuran hijau bisa mulai dari sawi, kol, buncis, tomat dan wortel. Berhubung saya suka sayur ya saya pakai macam-macam sayuran. Namun kalo orang jualan kayaknya syh yang lazim cuma sawi doank. Berhubung di kulkas sawinya abis, untuk gongso kali ini saya lengkapi dengan buncis. Tetap enak kok di lidah saya. 😀

DSC09843

Berikut bahan dan bumbu yang perlu disiapkan dan langkah-langkah pembuatannya.

Bumbu yang dihaluskan:

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Cabe merah keriting (sesuai selera)

Cabe rawit hijau (sesuai selera)

1 butir kemiri

 

Bahan:

1 potong dada ayam, rebus, suwir-suwir

5 batang buncis, potong 3 cm

Kecap manis (Sesuai selera, saya pribadi gag suka kecap jadi cuma dikit aja buat syarat)

1 sdm saus cabe

¼ bawang bombay potong kasar

¼ sdt garam

¼ sdt gula

½ gelas air

Margarin untuk menumis (bisa juga diganti minyak goreng)

 

Cara membuat:

1. Panaskan margarin, kemudian tumis bumbu yang dihaluskan dan bawang bombay.

2. Setelah harum, masukkan ayam dan dimasak sebentar.

3. Tambahkan air, kecap dan saus cabe lalu masak sampai mendidih.

4. Tambahkan gula dan garam sambil diicip-icip sampai rasanya pas.

5. Masukkan buncis saat kuah mulai meresap dan menyusut, masak sebentar 2-3 menit.

6. Sajikan selagi hangat.

Untuk 1 porsi

DSC09847

Selamat mencoba! 😀 😀 😀

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Resep Gongso Ayam dan Buncis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s