Ekstrak Kulit Manggis, Pilih Mastin atau Garcia?

Bermula dari kegalauan karena kulit akhir-akhir ini terasa kering, saya berniat membeli vitamin E seperti Natur E atau Ever E. Selain itu, aktifitas saya yang padat banget akhir-akhir ini seringkali membuat saya merasa kecapekan banget. Walaupun sudah istirahat tapi capeknya kayak gag ilang-ilang gitu. Nah, setelah saya melakukan riset kecil-kecilan eh saya malah tergoda untuk mencoba ekstrak kulit manggis yang sekarang lagi ngetrend banget.

Awalnya saya bingung untuk membeli Mastin atau Garcia. Kalau si Mastin tampaknya lebih terkenal karena lagunya yang fenomenal itu diputar tiap hari di televisi, sementara Garcia saya jarang lihat iklannya. Tak puas dengan hanya alasan sederhana itu, saya pun berusaha mencari beberapa referensi untuk memantapkan pilihan saya.

Sampai akhirnya pilihan saya jatuh pada Garcia. Kenapa?

DSC00005

 

Karena dosisnya lebih kecil dari Mastin. Ya niatnya syh biar penyesuaian dulu badannya kan ini my very first experience. Hehe … Waktu itu saya beli dengan harga Rp. 60.000, 00 di apotek. Selain itu, kalau Mastin itu obat herbal terstandar, sementara Garcia itu kategori jamu.

Ternyata, kulit buah manggis kaya dengan zat ajaib yang disebut ekstrak kulit manggis yang dapat mencegah berbagai penyakit, dan zat ini tak ditemukan pada buah-buahan lain. Oleh karena itu, manggis dijuluki queen of fruits alias ratu segala buah. Kandungan utama kulit buah manggis adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin E, dan vitamin C. Namun ia juga mengandung unsur-unsur lain seperti katekin, potasium, kalsium, fosfor, dan besi.

Lalu apa khasiat ekstrak kulit manggis?

Menurut penjelasan yang terlampir dalam kardus kemasan Garcia, ekstrak kulit manggis ini awalnya ditemukan oleh ilmuwan Jerman pada 1985. Kulit manggis mengandung antioksidan 17.000-20.000 orac per 100 ounce. Padahal, bahan lain berkadar antioksidan tinggi seperti wortel dan jeruk hanya 300 dan 2.400 orac. Orac adalah singkatan dari oxygen radical absorbance capasity, kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas penyebab penyakit.

Ekstrak kulit manggis mampu menjadi pelindung sel pada proses oksidasi, penuaan, atau perusakan oleh radikal bebas. Sifat antioksidannya melebihi vitamin E dan vitamin C. Ekstrak kulit manggis dapat berperan sebagai anti lelah, anti aging, anti alergi, anti inflamasi, anti parkinson, anti alzheimer, dan anti jerawat.

Selain itu, ekstrak kulit manggis dapat membantu tubuh untuk:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh (stamina)
2. Mencegah dan mengatasi penyakit jantung
3. Mencegah dan mengatasi stroke
4. Mencegah stres
5. Mencegah dan mengatasi diabetes melitus, kolesterol, kanker payudara, kanker usus besar, TBC, penyakit asam lambung, infeksi saluran kemih, nyeri sendi, dan bisa berfungsi sebagi pelangsing.

Pada tahun 2002 ditemukan bahwa ekstrak kulit manggis efektif menghambat kanker hati, kanker lambung, dan kanker paru-paru. Seorang peneliti Thailand pada tahun 2004 menemukan bahwa pericarp kulit buah manggis efektif melawan kanker payudara dengan khasiat yang jauh lebih efektif daripada obat.

Untuk aturan konsumsi ekstrak kulit manggis Garcia ada 2 alternatif. Untuk pemeliharaan kesehatan cukup 3 kali 1 kapsul per hari. Sementara untuk terapi penunjang yaitu 3 kali 2 kapsul per hari. Karena kapsul ini murni berisi bahan baku nabati alami, tidak mengandung bahan kimia buatan, pemakaian yang melebihi dosis tidak membahayakan kesehatan.

Saya sebenarnya tidak suka minum suplemen aneh-aneh. Namun karena ini termasuk jamu, berbahan alami dan memiliki khasiat yang luar biasa akhirnya saya tergoda juga untuk mencobanya.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Ayo bagi pengalamanmu juga!

101 thoughts on “Ekstrak Kulit Manggis, Pilih Mastin atau Garcia?

  1. Saya baru saja mencoba mengkonsumsi Ekstrak Kulit Manggis karena adanya keluhan Alergi pada kulit, dan saat ini menggunakan Garcia, tapi setelah Googling mengenai perbedaan Garcia dan Masti, kelihatan pilihan saya keliru karena secara standar kualitas dan keamanan Mastin masih lebih tinggi karena sudah mengantongi predikat Herbal Terstandar. Untuk penjelasan bedanya Jamu, Herbal Terstandar dan Fitofarmaka bisa dilihat pada Link ini : http://lansida.blogspot.com/2011/04/bedanya-jamu-herbal-terstandar-dan.html

  2. Saya juga mengkonsumsi extra kulit manggis sudah skitar 2bulan lebih. Saya pilih mastin karena pertama kali langsung tertarik dengan mastin krn iklannya di tv. Seminggu sampai dua minggu pertama mengkonsumsi mastin. Punggung saya dan kaki saya gatal gatal semuanya. Seperti alerg. Dan itu benar benar gatal.saya brfikir utk berhenti minum mastin. Namun saya brfikir ini mungkin efek detok mgeluarkan racun didalam tubuh saya. Dan benar saja. berangsur gatal itu hilang. Dan saya merasakan kulit saya normal kembali. Dan tdk gatal lagii. Sampaii skrg sy setia minum mastin. Yg saya rasakan stamina tubuh saya meningkat. Tdk mudah sakit. Utk efek dikulit saya. Sy kurang belum merasakannya.mungkin terlihat lebih segar. Karena mengingat mastin berbahan alami,jdi mungkin efeknya bertahap tdk instan

      • samaaa.. tangan sama muka.. gatel-gatel.. muncul bintik2 gitu.. bingung jadinya mo diterusin atau nggak.. sbabnya gk ada riwayat alergi jg sblmnya.. bingung juga awalnya.. kok bisa gatel2 y.. setelah repurchased kedua kalinya nih.. jadinya gini.. what should i do?

  3. bgmna klu aturan minum untuk kulit. bersisik..krna saya sdh baca manfaat garcia yg slalu satu.y menghilangkn nkulit bersisik…

    • Wah maaf kalo itu saya kurang tahu. Saya dan keluarga saya (terutama ayah yg memiliki riwayat jantung) mengkonsumsinya dng tujuan menjaga stamina.

      • yeyen: mengobati bisa pakai yang mana aja.. namun untuk penyembuhan dikembalikan kpd yang maha kuasa menyembuhkan.. wassalam 🙂

  4. Sebentar lagi akan ada produk serupa: ekstrak manggis plus msm….dijamin lebih bagus krn msm melengkapi/menyempurnakan kegunaan ekstrk manggis yg banyak itu

  5. apapun mereknya, kalau extra kulit manggis pasti bagus… sudah terbukti terutama terhadap kadar gula dalam darah akan menurun. Bagi yang diabetes bisa di test langsung setelah mengkonsumsi hanya 1 hari.
    Awalnya saya diberikan Xanthom oleh teman, itu yang membuktikan, ajaib.. tapi harganya mahal karena disalurkan melalui MLM, begitu ada Mastin saya beralih.. selain gampang dibawa bepergian dan harganya jauh berbeda.

  6. – Gracia : masih golongan jamu
    – Mastin : OHT (Obat Herbal Terstandart)
    Kalau ditanya yang mana bagus, keduanya bagus karena bahan baku/bahan dasarnya sama, sama2 kulit manggis,
    Masalah ada efek alergi yang muncul bisa karena takaran saji yang berlebihan, mastin 2 kapsul perhari, tapi saya minum 5 kapsul tiap hari so far so good, jadi prediksi saya mungkin ada pada cangkang kapsulnya, yang alergi cb minum tanpa cangkang kapsul, toling di share hasilnya

    • belum tentu juga harga mahal berpengaruh di khasiat, kemungkinan harga mahal karena menutupi ongkos produksi dan iklan yg masif di media..cmiiw

      • Iyaa emg hrg mhl ga jamin… mastin emg ada iklan… tp jrang jd sponson u suatU acara… tp gracia byk sekali jd sponsor tunggal acara di tv2… itu budgetnya besar dan masuk ke harga jual pastinya…

    • Awalnya saya minum garcia, karena saya fikir lebih mahal lebih bagus , ternyata sama aja, garcia mahal karena ongkos produksinya yg banyak ngeluarin budget , sponsor sana sini, sayang duitnya harganya 2x lipat lebih.mending mastin

  7. Saya merasa sakit di area perut seperti ada tonjolan di bawah tulang rusuk sebelah kiri(seperti gjala trun brok) kira kira bisa gk yah disembuhin pake mastin/garcia??

  8. Kok d atas harga garcia cm 60000, y mw donk, td brsn dr apotik kok 90 rb lbh,, akhrnya milih mastin dl lah.. smbil nunggu harga garcia turun, hehehe…

  9. coba juga donk xantonin, kalau dari hasil percobaan dengan membuka kapsulnya, dari warna dan bau nya xantonin lebih oke.
    Tapi aku sendiri belum nyobain, hanya lihat keruh dan baunya saja, xantonin bau nya lebih segerr

  10. Sy uda coba ke dua produk trsbut.krn sy sring alergi dgn ikan mknya sy ingin mncoba produk tsb.ptma sy mnum mastin trnyata bnar alergi sy bkurang.stlah abis mstin sy coba garsia pnsaran nn yg lbih ampuh mnghilangkn alergi.trnyata alrgi sy ga brkurang.mgkin sy gak cocok dgn garsia.jd skrg sy kmbali mengkonsumsi mastin.mdah2an alergi sy bnr2 smbuh dgn izin allah melalui mastin.amin…

  11. Awalnya sy konsumsi garcia tapi mastin harganya lebih murah,saya coba mastin. Tapi sekarang saya kembali mengkonsumsi garcia. Garcia lebih bagus khasiatnya bagi saya untuk menghilangkan nyeri sendi, daripada mastin. Bagi penderita nyeri sendi, garcia lebih bagus daripada mastin

  12. Mohon sharingnya dong 🙂

    Ibu saya menderita penyakit penyumbatan pembuluh darah di jantung, untuk menjaga staminanya apakah ekstrak kulit manggis ini cocok untuk dikonsumsi? Selain itu apakah aman obat herbal dan obat kimia yang biasa diberi oleh dokter dikonsumsi bersamaan?

    Terima kasih sebelumnya. 🙂

  13. Kaki aku tiap bangun pagi sakit bgt .pas periksa ternyata kadar asam urat ku 6,7 mulailah aku caru obat buat nurunin kadar asamuratku. Pas d apotik d tawarilah kulit manggis ekstrak.pilihan ku jatuh pada mastin isi 100 cuma 66rb.setelah 3 bln konsumsu asam urat ju jd 3,3 trus bb nya turun 3 kg… ini bukan promosi lo.😁 tergantung anda2 yang memilih mana yang lebih cocok buat tubuh

  14. Saya punya keluhan kulit sensitif.harus pake produk dr.kulit.sdh sy stop karena hamil.saat ini saya msh menyusui.bs ga kl sy konsumsi extra manggis?

  15. Aqu punya keluhan jerawat sama berat badan… yang lebih efektif minum grasia apa mastin??? Mohon bantuannya.. Trimakasih

  16. Penulisnya payah…dia tidak mengerti dan memahami apa yg di tulis…
    Tiap ada pertanyaan sering dijawab”maaf saya tidak tahu”
    Payah…palajari dulu apa yg akan anda tulis.

    • Terima kasih sarannya. Saya hanya ingin berbagi tulisan berdasarkan pengalaman pribadi saja. Saya memang bukan dokter ataupun ahli kesehatan sehingga secara ilmiah saya memang kurang paham. .

      • Numpang tanya.. Kalau untuk menyembuhkan gatal2 dan bentol2 merah akibat terkena ulat bulu bisa ga ? Yg lbh bagus mastin atau Garcia ?

  17. Menurut saya apapun produk yg kita minum, kita harus mempunyai keyakinan yg kuat bahwa kita pasti sembuh dgn produk pilihan kita, dan jaga keyakinan itu setiap hari, jgn lupa banyak bersyukur atas proses kesembuhan yg sedang kita alami. Semoga cepat sembuh bagi yg sakit! Amieeen!

  18. Semua merk ekstrak kulit manggis punya sisi negatif dan positif, tp yang pasti lebih banyak sisi positifnya krna menurut penelitian kulit manggis punya lebih dr 200 manfaat utk kesehatan dalam dan luar tubuh 🙂

    Untuk yg masih bingung pilih mastin atau garcia sy rekomendasi pilih ekstrak kulit manggis SIDOMUNCUL, yg sudah pasti aman dengan kualitas GMP (Good Manufacturing Praktis), GMP badan internasional klo BPOM badan nasional, so pilih yg terbukti di kelas dunia atau hanya di kelas dalam negri 🙂

    #ini hanya referensi, TIDAK BERMAKSUD UNTUK MENGUCILKAN SUATU OKNUM , thanks for attention 😉

  19. Saya baru saja mengkonsumsi mastin dalam beberapa hari. Tapi kok semenjak itu saya sering cegukan. Tolong pencerahanya apa ada efek sampingnya mengkomsumsi obat tersebut

  20. Artinya.. Sbg kesimpulan, Minum mastin/ garcia sama” ada reaksiny y? Bagian tubuh yg sdg skit, jka mngkonsumsi ke2ny, akn breaksi n tmh sakt.Tol pnjelasanny..

  21. Hati hati, kalau minum obat herbal harus di imbangi dgn minum air putih banyak, karena kandungan herbal tsb bisa menumpuk di ginjal.Jangan sampai Sembuh dr penyakit yg satu malah kena penyakit ginjal… Hehehe

    • Sbnrnya justru obat kimia yg hrs bnyk diimbangi minum air putih yg cukup. Tp obat herbal + air putih cukup jg lbh bgs. Intinya, mau herbal atau kimia ttp hrs ada konsumsi air putih yg cukup. Jgn cuma 2 liter/ hari kl bisa lebih.

    • Akhir 2015, aku pernah suntik vit c yg mengandung b komplex untuk kebugaran…tapi malah penebalan dinding rahim alias mens terus sampai 2 minggu sehingga lemas, anemia & kurang imunitas…aku coba mastin (alasannta dibeli jarena lebih murah) 4 kapsul sehari (sesuai anjuran) selama seminggu dan…..syukur pada Tuhan, mens stop, badan bugar bertenaga.

  22. Akhir 2015, aku pernah suntik vit c yg mengandung b komplex untuk kebugaran…tapi malah penebalan dinding rahim alias mens terus sampai 2 minggu sehingga lemas, anemia & kurang imunitas…aku coba mastin (alasannta dibeli jarena lebih murah) 4 kapsul sehari (sesuai anjuran) selama seminggu dan…..syukur pada Tuhan, mens stop, badan bugar bertenaga.

  23. mastin lebih murah dari garcia kok, harga garcia 30 kps masih lebih mahal ketimbang mastin 60 kps. padahal kandungan ekstrak manggisnya lebih banyak mastin. buka aja kapsulnya…. garcia lebih banyak bahan pengisinya timbang ekstraknya.

    diminum efeknya juga kerasa beda ditubuh. Coba deh yang udah pernah minum keduanya.. bisa sharing disini….

  24. Info baru nih, sekarang ada M*stin dengan kombinasi daun sirsak, klaim nya adalah untuk membantu terapi tumor dan kanker, walau sebenarnya mungkin lebih ampuh untuk pencegahan sih, hehe, untuk yang mode nya masih tumor dan metastasis nya belum sampe stadium gimana-gimana banget. Tapi pernah juga kok di uji coba di beberapa penelitian kelas dunia, ini salah satu contoh jurnal ilmiah dimana ekstrak pericarp buah manggis diujicoba terhadap sel kanker payudara dan kanker prostat, dan hasilnya lumayan signifikan.

    https://www.esciencecentral.org/journals/effects-of-mangosteen-pericarp-extracts-against-mammary-cancer-2327-5162.1000139.pdf

    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3693070/pdf/fphar-04-00080.pdf

    https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3237908/pdf/nihms330582.pdf

    Budayakan membaca ya guys, jadilah warga negara Indonesia yang cerdas dan berwawasan luas ^^

    Saya personally juga minum M*stin sih, awalnya coba-coba tapi lama-lama ketagihan, hahahaha! Mulai minum juga muncul reaksi gatal-gatal random gitu, sporadik di sekujur tubuh, tapi berangsur hilang. Manfaat yang paling berasa sih, jadi lebih segar dan berenergi. Mungkin mangosteen pericarp extract ini bener-bener bisa boost our metabolism ya, jadi lebih berenergi gimana gitu 😀 Dan yang paling ampuh adalah, mastin ini saya jadiin masker wajah dan kulit juga. Hasilnya? Kulit jadi lebih mulus dan segar 😀 Saya combine dengan minum green tea dua kali sehari, dan minum air putih 2L sehari. Hehe. I hope you guys will find this review helpful.

  25. udah nyoba extract kulit manggis merek mastin,enakan sih,aku mengidap maag dan jantung lemah sejak tahun 1991,dan kini rasanya perut udah enakan setelah minum 60 kapsul dg dosis 2*2 sehari.Dan jantung rasanya enakan juga.tadinya sih mudah lelah dan sempat pingsan2 juga kalau kecapekan.kini nggak lagi.suer deh..enakan..

  26. Udah hmpr 4 bln konsumsi garcia cuma 2 kapsul sehari c. Efeknya:
    – dulu siang suka migrain skrng udah gak
    – jerawat berkurang lumayan drastis, lg dapet jg ga ada
    – sy ada benjolan (maaf) di kelamin tp udah kempes

    Bukan promosi, cm sharing pengalaman aja. Tp mungkin mo coba mastin klo emang bagus

Leave a Reply

