Yuk Jadi Independent Learner!

Pic from here

Pic from here

Pepatah bilang belajarlah sampai ke negeri Cina. Kalo belum bisa sampai ke negeri Cina ya tenang saja, paling tidak masih ada internet buat belajar. hahaha

Loh belajar lewat internet? Emang bisa? BISA BANGET!!!

Hari gini internetan cuma buat Facebookan doank mah rugi. Kalo mau sedikit usaha buat nyari-nyari, ada banyak kok bahan untuk belajar dari internet yang free alias gratis alias gag usah bayar.

Lalu belajar apa donk? Aku kan kuliahnya jurusan XYZ, masak belajar ABC?

Haduh pikiran kayak gitu syh buang ke laut aja. Di era globalisasi seperti sekarang rasanya kita perlu belajar banyak hal bahkan di luar dari hal-hal yang biasa kita pelajari di bangku sekolah, kuliah ataupun lingkungan kerja. Terutama skill, ini yang kadang luput dari pikiran kita yang semata-mata hanya mengejar nilai. Angka-angka yang tinggi tersebut juga gag bakal berguna kok kalo kita gag punya skill yang bisa meningkatkan nilai jual diri kita.

Nah berikut ini ada beberapa situs menarik yang bisa jadi sumber belajar  kita di internet. Materi-materinya bisa dibaca saja ataupun diunduh secara gratis. Ayo jadi pembelajar mandiri! Belajar di mana saja, belajar kapan saja, belajar apa saja! 😀  

  1. Massachusets Open Course Ware 

Situs ini merupakan milik dari Massachusets Institute of Technology. Seneng euy universitas kondang ini mau untuk berbagi materi kuliah secara gratis bagi masyarakat umum.  Ini salah satu situs yang isinya komplit deh. Mau belajar sains, teknologi, kesehatan, sastra, bahasa, ekonomi dsb bisa banget buat jadi sumber belajar. Materi-materi yang diberikan sama seperti materi kuliah di perguruan tinggi ini. Asyik kan bisa dapat ilmu gratis dari universitas ternama walau gag kuliah di sana. Hehe

  1. Understand basic psychology

Gag perlu jadi psikolog/psikiater untuk mengerti seluk beluk dunia psikologi kan? Ayo belajar psikologi dasar di situs ini. Siapa tahu ilmu yang kita dapat akan bermanfaat dalam pergaulan kita sehari-hari.

  1. Get better at using Photoshop

Nah untuk yang senang utak atik Photoshop bisa banget mampir ke situs ini. Ssstss … banyak tips yang bermanfaat lho biar skillmu makin oke.

  1. Become awesome at Excel

Dulu saya sebel banget sama yang namanya Excel. Males banget berurusan dengan angka dan rumus. Apalagi ilmu saya seputar Excel masih minim. Mau belajar juga males. Tapi setelah ngintip-ngintip ke situs ini dan mendownload beberapa materinya , sekarang saya jadi lebih PD buat main Excel. Malah kadang saya suka eksperimen sendiri kalo lagi banyak waktu luang. Eh … ini bukan ajang promosi lho, tapi murni testimonial pribadi berhubung saya merasakan manfaatnya. Beneran deh materinya gag sulit untuk dipahami kok. 😀

  1. Learn a language 

Kemampuan untuk menguasai bahasa asing sangat penting di masa sekarang ini. Saya pernah membahasnya di sini. Nah bagi yang ingin belajar bahasa asing sesuai minat masing-masing bisa deh mampir ke situs ini. Mau belajar bahasa Inggris? Prancis? Spanyol? Jerman? Atau yang lain? Bisaaaaa.

  1. Write well

Suka tulis menulis? Ada baiknya mampir ke situs ini agar pengetahuan seputar dunia tulis menulis kita semakin bertambah.

  1. I love math 

Hayo siapa yang gag suka matematika? Walaupun saya dulu anak IPA pas jaman SMA, tapi gag tahu kenapa rasanya gag pernah ada kenyamanan dalam belajar matematika. Hehe …

Nah di situs ini kita bisa belajar matematika. Gag perlu deh takut dimarahi guru karena gag bisa melulu berhubung kita belajar sendiri ya suka-suka kita aja.

  1. Inprove public speaking skills

Tak bisa dipungkiri, disadari atau tidak, kemampuan public speaking itu penting banget. Entah kita akan terjun di dunia kerja atau tidak. Karena sejatinya kemampuan public speaking iu bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Start reading faster

Pernah penasaran gag sama kemampuan kecepatan membaca kita? Saya dulu syh pernah nemu rumusnya di mana gitu, tapi lupa deh sekarang. Lewat situs ini kita bisa tahu lho seberapa cepat kemampuan membaca kita. Asyiknya lagi bisa diseting sesuai yang kita inginkan!

 

Nah bagaimana tertarik untuk mencobanya? atau kamu punya referensi lain yang bisa dibagi? lemme know!

 

Advertisements

2 thoughts on “Yuk Jadi Independent Learner!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s