Ini Cara Saya Menghasilkan Uang Lewat Blog

Pic from here

Pic from here

Apabila ada yang bertanya-tanya kenapa postingan blog saya kadang bahasa Inggris, kadang bahasa Indonesia, kadang bahasa Prancis, ya ini salah satu alasannya. Target pembaca saya bukan cuma orang Indonesia, niatnya syh begitu agar potensi traffic blog saya juga besar juga. Pengennya syh nulis full pake bahasa Inggris, tapi kadang masih susah banget dan butuh usaha yang lebih. Selain itu saya sadar bahwa bahasa bukan satu-satunya faktor utama, tapi lebih ke konten blog kita dengan sasaran target yang tepat.

Mudahnya akses internet saat ini memungkinkan semua orang untuk mendapatkan penghasilan lewat jalur online, salah satunya adalah blog. So..Today’s blog dives into making money as a small/medium-sized blogger. I list 4 ways you can make money with your own blog!

Tapi sebelum kita membahas 4 cara tadi, perlu saya ingatkan di sini bahwa menghasilkan uang lewat blogging bukanlah cara instan jadi kaya raya. Okelah kalo di luar sana ada yang penghasilannya 8 milyar per bulan seperti Arianna Huffington si empunya The Huffington Post dan masih banyak lagi. Teman saya pun ada yang penghasilannya dari ngeblog justru lebih besar dari penghasilannya sebagai PNS.

Apa yang saya paparkan di sini adalah dari sudut pandang saya sebagai seseorang yang memiliki blog dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, medium lah.. Misal ada pengkategorian blogger yang murni nulis aja dan blogger yang nulis buat cari uang, saya berada di tengah-tengahnya. Artinya saya memang menulis sebagai hobi namun jika ternyata menghasilkan materi ya saya terima dengan senang hati.

Perjalanan sebuah blog agar mampu menghasilkan uang membutuhkan proses yang relatif menantang. Saya bilang menantang di sini karena butuh konsistensi dan kerja keras agar berhasil. Konsisten untuk menulis, konsisten untuk membuat sebuah konten. Kalo kita tidak menikmati apa yang kita lakukan maka jauh lebih sulit lagi karena akan terasa melelahkan dan membosankan. Secuil pengalaman yang saya dapat setelah bertahun-tahun ngeblog bisa dibaca di sini. Alasan saya ngeblog pun sudah pernah saya paparkan di sini.

Berbicara mengenai cara, tentu ada 1001 cara bagaimana sebiah blog bisa menghasilkan uang, entah itu dengan cara yang benar atau dengan cara yang tidak dibenarkan. Di sini saya akan membahas 4 cara yang relatif mudah (untuk saya pribadi) dipraktekkan, tentu saja ini cara yang benar ya. Sekali lagi, saya bukanlah master dalam dunia online marketing ataupun blog. Jadi apa yang saya paparkan di sini akan saya paparkan secara sederhana sesuai kapasitas saya. Oke mari kita mulai!

1. AFFILIATE LINKING PROGRAMS
Apa itu affiliate program dan bagaimana cara kerjanya? Jadi ini adalah bentuk kerja sama di mana kita akan mendapat komisi setiap kita berhasil menjual produk tertentu. Ini adalah salah satu cara yang saya suka karena gag terlalu ribet, Modalnya ya cuma butuh blog doank, bebas biaya ini itu pula. Kita cuma perlu blog aja untuk bisa mendaftar dalam Affiliate Program. Memang syh beberapa ada yang memberi persyaratan khusus seperti jumlah pengunjung blog kita, tapi gag semua kayak gitu kok.

Bisa dibilang kita ini sebagai perantara dari pemasaran sebuah produk. Untuk orang yang gag jago marketing cuap-cuap seperti saya, cara ini relatif cocok karena tinggal naruh link aja di blog/artikel kita. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah perhatikan kesesuain produk yang kita pasarkan dengan blog kita. Gag lucu kan kalo saya yang belum jadi ibu tapi memasarkan produk ibu hamil/anak. Hehehe…

Untuk pembayaran dari affiliate program ini juga macam-macam. Oleh karena itu perlu dikomunikasikan dengan penyedia affiliate programnya yah. Soalnya ada yang komisinya sesuai dengan jumlah tayangan sebuah website yang berkunjung melalui link affiliasi kita, ada juga yang berdasarkan dengan jumlah klik terhadap link affiliasi, lalu ada lagi yang sesuai dengan jumlah penjualan yang terjual melalui link affiliasi, dan ada lagi yang mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah pembeli yang mengisi sebuah form, survey atau sign up terhadap sebuah layanan yang diberikan melalui link affiliasi kita.

Apapun tipenya semuanya sama-sama menguntungkan. Kuncinya cuma ada di traffic blog, makin besar traffic blog kita tentu kemungkinan keuntungan yang kita dapat semakin besar.

2. SPONSORED POSTS
Sponsored posts atau kadang disebut juga sponsored reviews. Intinya kita dibayar untuk me-review oleh pihak yang bekerja sama dengan kita. Untuk blogger pemula ini cara yang paling mudah. Dulu, awal-awal saya terjun ke blog juga menggunakan cara ini untuk mendapatkan uang. Sampai sekarang ini adalah cara favorit saya karena ya dapat gratisan berbayar pula. Kadang saya mereview produk, kadang saya mereview tempat, kadang juga event. Satu yang pasti, apa yang saya review setidaknya saya sukai dan saya berusaha jujur terhadap apa yang saya review.

Maka dari itu sebelum menulis saya juga menyampaikan ke klien apakah mereka bersedia jika setelah saya review ternyata ada hal yang kurang memuaskan. Kalo mereka tidak bersedia dan maunya ditulis yang bagus-bagus aja ya saya pun tak keberatan kalo mereka mundur. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan antara banyaknya sponsored posts dan postingan dari kita sendiri. Untuk saya pribadi, saya bakalan males kalo baca blog yang terlalu banyak nulis iklan mulu.

Gag salah syh sebenarnya karena ini adalah salah satu bentuk promosi yang efektif daripada banyak spanduk, reklame, baliho di seantero sudut kota yang jadi polusi mata. Cuma ya kembali lagi ke sasaran blog kita kan pembaca, jangan sampai karena kita nulis sponsored posts terus akhirnya pembaca malah kabur karena merasa udah gag sesuai niche.

3. DISPLAY ADVERTISING
Pasti pernah kan pas kita lagi asik browsing eh ada banner iklan lewat? Nah itu dia contoh display advertising. Menurut saya cara ini relatif susah. Kenapa? karena kita tahu sekarang sudah banyak sekali pengguna Ad Blocker di Indonesia baik di desktop maupun smartphone, alternatifnya adalah kita bisa menggunakan plugin/pop-up yang meminta visitor untuk mematikan Ad Blocker nya, atau menggunakan native ad, atau memasang display ads yang masih bisa lolos dari sistem Ad Block.

Intinya memang agak butuh usaha lebih syh kalo pake cara ini. Untuk lebih detail bagaimana caranya menggunakan display advertising ini lebih baik googling langsung aja deh, soalnya untuk cara ini sendiri sampai detik ini saya sendiri belum terlalu menguasai. Di luar sana ada yang lebih jago soal ini.

Loh kalo gag menguasai lalu kenapa ditulis mbak?

Soalnya ini cara yang paling umum dipakai blogger. Saya sendiri belum terlalu merasakan hasil yang signifikan dari cara ini. Masih perlu proses panjang tampaknya untuk benar-benar merasakan hasilnya. Namun begitu, cara ini masih layak untuk dicoba.

4. BLOGGING FOR OTHER
Sudah bukan jadi rahasia umum lagi di kancah per-blog-an kalo jaman sekarang banyak jasa jual beli tulisan di blog. Biasanya calon pembeli tulisan kita lebih dahulu mampir ke blog kita baru menawarkan kerja sama. Ada yang menawarkan untuk membeli tulisan kita, ada pula yang menawarkan membeli keseluruhan blog kita. Biasanya pembeli yang berniat membeli blog adalah orang yang malas untuk membangun blog dari awal. Itu semua tergantung dari kita lagi maunya yang mana. Biasanya kalo saya syh cukup menerima pembelian tulisan saja karena belum ada niat menjual blog juga. Lagipula biar jelek gini ini blog juga bikinnya susah payah. Hehehe

Saya sendiri belum mampu secara tenaga untuk membuat blog lain selain yang ini. Sementara di luar sana banyak lho blogger yang punya lebih dari satu blog sekaligus. Luar biasa!

Nah! Itu tadi 4 cara versi saya. Masih banyak cara-cara lain kok sebenarnya jika ingin mendapatkan uang dari blog. Tentunya sebelum berharap bahwa blog kita bisa menghasilkan uang harus kita perhatikan hal-hal yang bisa membuat calon pelanggan kita tertarik untuk bekerja sama. Tips-tips bagaimana membuat blog yang baik dan menarik bisa langsung di googling aja banyak banget kok kalo mau nyari.

Lalu soal pembayaran bagaimana?

Nah ini kembali lagi ke kita dengan pihak yang bekerja sama dengan kita. Untuk kerja sama dari luar negeri biasanya menggunakan PayPal atau bisa juga Western Union yang bisa kita cairkan di Kantor Pos atau tempat yang menyediakan merchant Western Union. Saya pribadi lebih memilih opsi kedua dengan Western Union. Sementara untuk kerja sama di dalam negeri pilihannya lebih beragam karena kadang komisinya bukan cuma uang tapi bisa juga dalam bentuk voucher belanja dsb.

Jika memang ingin serius mencari uang lewat blog saya sarankan beli domain sendiri saja agar lebih mudah untuk mendapatkan Google AdSense. Berhubung saya memang belum konsen 100 % untuk menghasilkan uang ya belum berniat untuk beli domain. Rasanya saya belum mampu secara tenaga dan waktu untuk benar-benar mengurus blog. Otaknya masih belum nyampe kalo kudu belajar SEO dan kawan-kawannya. Haha….maka tak heran hasilnya pun ya setengah-setengah karena usahanya juga setengah-setengah. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah niche blog kita. Saya pun sampai saat ini masih berjuang banget berusaha menemukan niche blog saya yang pas. Karena bagaimanapun juga niche yang tepat akan menggaet calon pembaca yang tepat.

Jadi bagaimana, tertarik untuk monetisasi blog?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s