6 Blogging Tasks You Can Do From Your Smartphone

Bedrest di rumah pasca keluar dari rumah sakit praktis membuat saya tak punya banyak pilihan aktifitas. Tidur, makan, ngecek socmed, dan nonton tv. Gitu aja terus. Sungguh membosankan bagi saya yang biasa beraktifitas padat. Tapi dari sini saya jadi terinspirasi untuk membuat tulisan soal blogging tasks yang dapat dimaksimalkan dari smartphone.

Seingat saya, sudah sering saya menulis seluk beluk blogging tapi belum pernah menulis soal yang akan saya bahas ini. Tentunya dalam hal ini saya tidak akan membahas langkah-langkah untuk ngeblog lewat smartphone (karena pasti sudah banyak yang bahas juga…hehehe).

Sebelum menjurus pada poin-poin blogging tasks yang bisa dilakukan lewat smartphone, ada hal-hal yang perlu saya jabarkan di sini terkait proses kreatif saya sebelum menerbitkan tulisan untuk blog. Bagi saya pribadi ada 3 langkah mendasar yang saya lakukan dalam proses ngeblog:

1. Menyusun ide/tulisan

2. Membuat/mencari ilustrasi untuk tulisan

3. Promosi hasil tulisan

Dari 3 langkah mendasar itulah yang nantinya akan berpengaruh pada poin-poin yang saya jabarkan dalam blogging tasks yang bisa dikerjakan lewat smartphone. Apa saja syh poin-poinnya?

1. BRAINSTORM BLOG POST

Biasanya saya memiliki list/draft tentang topik yang akan saya angkat di blog. Nah proses mencari inspirasi, mencari referensi pendukung atau artikel yang berkaitan terasa sangat mudah dan praktis dilakukan lewat smartphone.

Buat saya, menulis blog ini bisa dibilang seperti mengerjakan riset kecil-kecilan, seperti saat kuliah diminta bikin paper. Hanya saja dalam versi yang lebih menyenangkan. Saya biasanya membaca banyak artikel terlebih dahulu untuk memastikan saya mempunyai pengetahuan yang cukup.

2. BACKUP TULISAN LEWAT NOTES

Saya terbiasa menuliskan materi blog di aplikasi Notes terlebih dahulu di smartphone untuk selanjutnya tinggal saya copas ke blog. Hal ini untuk menghindari jika saat menulis langsung lewat aplikasi blogging di smartphone mengalamai crashes ataupun saat koneksi internet tidak stabil sehingga tulisan kita tidak tersimpan secara sempurna.

Kalau sudah ada di Notes, saya jadi punya backup file deh! Gag mau kan kalau udah nulis repot-repot kudu ngulang lagi.

3. MEMBUAT DRAFT BLOG POST

Kenapa hanya membuat draft saja? Begini, kalau blog kita tipe blog yang full tulisan saja mungkin bisa jika kita tinggal ngeblog saja. Namun jika blog kita juga dilengkapi dengan foto/gambar, akan lebih sulit dalam pengaturan dan proses editing jika lewat smartphone.

Maka dari itu biasanya saya cuma mengupload tulisan saya sampai tahap draft untuk selanjutnya saya eksekusi lagi lewat laptop. Bisa syh sebenarnya jika kita paksakan lewat smartphone, tapi saya pribadi kurang nyaman.

4. EDIT GRAPHICS

Salah satu prinsip yang saya pegang dalam ngeblog adalah postingan tulisan saya harus ada ilustrasinya. Entah itu dari orang lain (tentunya dicantumkan sumbernya) ataupun bikin sendiri.

Jika yang dibutuhkan hanya foto mungkin agak lebih mudah dengan hadirnya aplikasi edit foto yang ada di smartphone. Sehingga proses editing tidak terlalu rumit dan makan waktu. Lalu bagaimana jika kita ingin membuat desain sendiri padahal tidak ada latar belakang ilmu desain?

Tenang. Canva solusinya!

Biasanya saya mengakses situs Canva lewat komputer. Namun belakangan sudah ada versi mobilenya yang bisa didapatkan secara gratis di App Store. Senangnya, makin mempermudah kegiatan ngeblog nyh.

Lewat Canva ini, orang awam seperti saya bisa belajar desain dengan aneka pilihan template yang memudahkan. Pilihan templatenya beragam dan user interfacenya juga mudah. Bahkan ada banyak pilihan desain sesuai season atau perayaan hari-hari tertentu. Lengkap pokoknya!

5. PROMOSI

Jangan lupa untuk membagikan tautan tulisan blog ke berbagai akun media sosial. Biar apa? Ya kalo kamu sangat concern sama traffic blog ya biar traffic blognya rame. Siapa tahu juga ini bisa jadi jalan terbukanya koneksi atau kerja sama baru dengan pihak lain yang kebetulan melihat tautan blog kita. Seperti kita tahu, gag semua orang punya blog kan.

6. CONNECT WITH OTHERS

Salah satu kekurangan saat mgeblog lewat komputer adalah kemungkinan kita melewatkan berbagai notifikasi ketika kita tidak membuka komputer itu lebih besar. Entah itu notifikasi komentar, followers baru dsb. Namun jika kita menginstall dan mengaktifkan notifikasi blog di smartphone, maka kita bisa lebih cepat untuk ‘ngeh’.
Ingat, dalam dunia blogging ini interaksi adalah hal yang penting jika kita ingin blog kita berkembang. Interaksi yang saya maksud di sini adalah interaksi yang hidup, bukan cuma yang sekadar meninggalkan komentar ‘Great post’ dan semacamnya.

Bagaimana sudah jelas belum ulasan saya dari 6 poin tadi seputar blogging tasks yang bisa kita lakukan lewat smartphone?
Atau kamu punya poin tersendiri? Yuk berbagi!

Leave a Reply

